Jangan Cemas Jika Membaca Berita Merasakan Seperti Gejala Covid-19, Itu Namanya Efek Psikosomatik

BANDUNG – Jangan cemas Ketika anda membaca berbagai berita mengenai gejala Covid-19, biasanya pembaca akan merasa tenggorokan sakit, gatal, dan badan agak meriang. Keadaan itu, tebilang wajar dan disebut efek psikomatik tubuh.

Dalam thread yang ditulis dr Andri, SpKPJ, FACLP, dalam akun twitternya @mbahndi mengatakan, reaksi yang dialami ketika membaca berita Covid-19 disebut efek psikosomatik tubuh. Artinya bisa jadi pembaca merasa cemas atau ketakutan berlebihan.

“Reaksi ini bisa timbul dipicu oleh berita-berita gang terus menerua mengenai Covid-19,” tulis dr Andri yang dipublikasikan di twitter pada (22/3/2020).

Menurutnya, pusat kecemasan itu disebut Amygdala merespon terlalu aktif. Sehingga, tidak bisa terkontrol.

Amygdala kemudian mengaktifkan sistem saraf otonom secara belebihan. Terlebih, pada situasi saat ini kebanyakan orang dalam kondisi Fight atau Flight (siaga terus menerus).

“Ketidakseimbangan ini membuat gejala psikosomatik yang muncul sebagai reaksi untuk siap siaga menghadapi ancaman,” tulis dia lagi.

Untuk itu, salah satu cara untuk mengurangi gejala psikosomatik adalah membatasi membaca berita-berita mengenai Covid-19.

“Anda bisa melakukan kegiatan hobi yang menyenangkan, sebarkan optimisme agar bisa melewati semuan ini,” ucap Andri.

Dalam thread selanjutnya dokter muda ini mengatakan, untuk membedakan efek psikosomatik dan gejala sesungguhnya cukup mudah.

Efek psikosomatik biasanya akan hilang dengan sendirinya, tidak terus menerus, dan sering berpindah-pindah. Akan tetapi jika gejala disertai demam tinggi sebaiknya periksakan ke dokter. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan