Jabar Segera Implementasikan Robot AUMR

BANDUNG – Telkom University mendapat kesempatan mempersentasikan inovasi robot Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) hasil kerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dihadapan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Gedung Pakuan pada Sabtu (18/4).

Dalam persentasi tersebut Emil sapaan akrab Ridwan Kamil menyambut baik inovasi yang telah dibuat oleh Telkom University, menurutnya Telkom University (Tel-U) melalui ilmu nya telah membuat inovasi yang sangat bermanfaat dimasa pandemi Covid-19.

”Disini saya menyambut baik inovasi yang dilakukan oleh Telkom University yang telah membuat robot Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR), dimana robot ini dapat melakukan disinfeksi melalui sinar ultra violet melalui kendali jarak jauh.” kata Emil.

Menurut Emil, alat ini sangat cocok diterapkan di rumah sakit-rumah sakit rujukan pemerintah untuk penanganan covid-19, guna melakukan disinfeksi tanpa harus dilakukan dengan orang secara langsung.

”Terimakasih kepada Telkom University yang telah membuat alat ini, saya harap alat ini segera diterapkan dirumah sakit rumah sakit rujukan pemerintah untuk penanganan COVID-19, dan semoga bisa segera diterapkan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS),” jelasnya.

Telkom University terus berinovasi untuk membantu pemerintah dalam penanganan covid-19, salah satunya dengan membuat robot AUMR. Dimana alat tersebut, dapat dimanfaatkan untuk Desinfeksi dan Sterilisasi pada Ruang Isolasi Pasien Positif Covid-19 tanpa campur tangan manusia secara langsung.

Rektor Telkom University, Prof. Dr, Adiwijaya menyampaikan, Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) ini merupakan alat pertama di Indonesia, sebelumnya alat yang serupa digunakan di beberapa negara salah satunya Denmark.”Inovasi hasil kerjasama Telkom University dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini merupakan yang pertama di Indonesia, dan alat ini telah teruji secara klinis di Laboratorium Bioteknologi LIPI.” katanya Adiwijaya.

Adiwijaya menambahkan bahwa robot ini telah diuji coba di Rumah Sakit Pindad Bandung dan Wisma Atlet Jakarta dan segera akan diimplementaskan di RSHS sesuai dengan arahan Gubernur Jawa Barat. ”Alat ini sebelumnya telah diuji coba di wisma atlet Jakarta, dan alhamdulillah respon nya baik, dan kami akan segera menambah jumlah AUMR ini agar segera diimplementasikan di rumah sakit-rumah sakit di Jawa Barat, kami berharap inovasi yang Tel-U ciptakan ini dapat bermanfaat bagi bangsa ini dan kita bisa segera mengakhiri masa pandemic COVID-19,” pungkasnya. (yul/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan