Inilah Siklus Menstruasi Pada Wanita yang Normal

Fase Luteal

Fase luteal merupakan fase terakhir dari siklus menstruasi, pada fase ini folikel mengeluarkan sel telur dan berubah menjadi jaringan korpus luteum. Jaringan inilah yang membuat keluarnya hormon progesteron dan estrogen serta membuat dinding rahim tetap tebal.

Apabila terjadi pembuahan, wanita mengeluarkan hormon Human Chorionic Gonadotropin atau HCG yang membuat korpus luteum tetap berada di dalam ovarium. Namun, jika tidak terjadi pembuahan, maka korpus luteum keluar dan ikut meluruh.

Pada fase ini terjadi di rentang waktu antara 11 sampai 17 hari, itulah sebabnya mengapa kebanyakan wanita normal mengalami menstruasi antara 3 hingga 7 hari dengan siklus yang terkadang datang lebih cepat atau sebaliknya. Hal ini juga menunjukkan perbedaan waktu siklus menstruasi, siklus tercepat bisa 21 hari sedangkan yang terlama yaitu 35 hari.

Jika masih bingung atau memiliki masalah tentang hal ini, bisa bertanya langsung atau menghubungi dokter. Saat ini, tidak perlu repot-repot datang ke klinik atau rumah sakit karena sekarang telah ada aplikasi Halodoc juga dapat membantu anda dalam pembelian obat tanpa harus pergi ke apotek.

Penting bagi wanita untuk memahami siklus menstruasi yang terjadi, agar dapat mendeteksi apabila ada yang tidak beres dalam tubuh, dan segera mengkonsultasikannya dengan dokter. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan