Indonesia Miliki Atlet Tembak Muda di Olimpiade 2020Vidya

JAKARTA – Siapa atlet yang tidak bangga ketika namanya dinyatakan lolos Olimpiade 2020. Perasaan dan prestasi itulah yang saat ini disandang penembak muda Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba (18 tahun), sebagai pe­nembak muda Indonesia yang dinyatakan lolos Olimpiade 2020 dari jalur kualifikasi.

Fika sapaan Vidya Rafika bertekad bisa mengharumkan nama Indonesia di kanca olahraga paling bergengsi di dunia. Kabar pertama lolos Olimpiade 2020 dia dapatkan ketika usai mengikuti Asian Shooting Championship (ASC), Qatar, November 2019 lalu.

”Setelah pertandingan selesai pelatih aku itu ngomong kayak gini ‘kamu siap-siap ya pre­pare’ kamu lolos ke Olimpiade. Awalnya bingung, gak nyang­ka, darimana bagusnya aku, begitu dilihat hasilnya ternya­ta aku ini di Asia udah urutan ke-14 ya. Ya udah ikutin aja,” kata Fika dengan bangganya.

Keberhasilan Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba mengukir prestasi gemilang di usia belia bukanlah sebuah keberun­tungan belaka. Proses menuju ketitik ini sudah ia mulai sejak usianya masih sangat muda.

Fika sapaan akrab remaja 18 tahun ini, sudah familiar dengan olahraga menembak sejak usia 9 tahun, sebab I Gusti Ayu Putu Indra Dewi, Ibunda Fika yang merupakan mantan atlet menembak nasional rutin membawanya ke lokasi latihan untuk memperkenalkan Fika pada olahraga ini.

Saat Fika Setuju untuk menja­jal kemampuannya membidik target. Dia mendapat bimbing­an langsung dari sang bunda. Fika yang sering dibawa ibunya saat bertanding mengaku mulai mencoba senjata sejak kelas 3 Sekolah Dasar (SD).

Fika mendapatkan kesempa­tan menunjukkan kemam­puan di Pekan Olahraga Na­sional (PON) 2012 di Pekanbaru, pada saat itu ia baru kelas 6 SD. Tahun 2015, Ia mendapatkan undangan untuk bergabung di pelatnas dan langsung turun di South East Asian Shooting Association (SEASA) yang pada saat itu dilangsungkan di Indonesia. Keberhasilannya merebut dua medali emas di Filipina, menjadi perbincangan hangat di Indonesia.

Saat akhirnya mengikuti Asian Shooting Championship (ASC) di Qatar, Fika positif mengantongi tiket Olimpiade Tokyo 2020. Meski masih mu­da, Fika telah menunjukkan kematangan mental sebagai seorang atlet, kepercayaan di­rinya patut diacungi jempol.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan