Idelanya Pemkot Cimahi Butuh 400 PNS Lagi

CIMAHI – Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil  (PNS) di Kota Cimahi hingga kini belum juga bisa terpenuhi.

Banyaknya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang pensiun setiap tahunnya tak sebanding dengan jumlah pegawai baru. Alhasil, Kota Cimahi selalu merasa kekurangan pegawai.

Tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi kembali mengajukan formasi untuk kebutuhan pegawai di Kota Cimahi. Jumlah formasi yang diusulkan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mencapai 400 orang.

“Kita sudah usulkan 400 formasi untuk tahun depan,” kata Kepala Bidang Pengadaan dan Pembinaan dan Pendidikan Pelatihan pada Badan Kepegawaian dan Pengelola Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Cimahi, Isnendi saat ditemui, Jumat (13/11).

Ia menjelaskan, jumlah usulan formasi itu berdasarkan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja (Anjab-ABK) di Kota Cimahi. Pihaknya berharap usulan itu kebutuhan itu diterima, sehingga dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bisa terpenuhi.

“Tinggal menunggu dari Menpan RB. Harapannya kuotanya nanti sesuai usulan dari kita, karena di kita faktanya memang kekurangan” beber Isnendi.

Dikatakannya, dari ratusan formasi kebutuhan pegawai yang diusulkan, kebanyakan masih didominasi dari sektor tenaga pendidik atau guru. Pasalnya, sektor tersebut yang memang terjadi banyak kekurangan.

Apalagi setiap tahunnya ada sekitar 150 guru yang memasuki Batas Usia Pensiun (BUP). “Kebanyakan guru karena banyak yang pensiun. Otomatis kalau banyak yang pensiun, kekurangannya bertambah lagi,” bebernya.

Selain sektor guru, ada juga usulan untuk kebutuhan pegawai di bidang kesehatan dan tenaga teknis yang akan ditempatkan di berbagai dinas. “Kalau bagian teknis ini memang ketentuannya sedikit dapatnya,” ucapnya.

Untuk penerimaan CPNS tahun 2021, lanjut Isnendi, pihaknya belum menerima informasi secara resmi dari pemerintah pusat. “Tapi ita dengar dari media renacananya bakal ada lagi,” sebutnya.

Tahun depan sendiri, pegawai Pemkot Cimahi dipastikan bertambah seiring dimulainya pengabdian 98 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019. Mereka saat ini masih dalam tahapan pemberkasan untuk mendapatkan Nomor Induk Pegawai (mg4/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan