Hujan Deras, Jalan Perbatasan KBB-Cimahi Disergap Banjir

CIHANJUANG – Ruas Jalan Cihanjuang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), yang berbatasan dengan Kota Cimahi diterjang banjir dengan debit cukup deras. Banjir tersebut setelah hujan deras yang mengguyur, Selasa (22/9). sore.

Berdasarkan pantauan, air berwarna kehitaman mengeluarkan bau tak sedang membanjiri ruas jalan penghubung antara Kota Cimahi, KBB, dan Kota Bandung.

Sejumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat sempat terhalang saat akan melintas ruas jalan tersebut. Bahkan seorang pengendara sempat terjatuh hingga motornya terseret dan tertahan di kolong mobil yang ada di belakangnya.

“Iya tadi saya coba paksa maju karena lihat banjirnya engga terlalu dalam, tapi ternyata arusnya deras akhirnya jatuh karena terseret arus,” ungkap Dadan, seorang pengendara yang terjatuh saat banjir.

Beruntung warga yang ada di sekitar lokasi banjir dan jatuhnya motor dengan sigap menolong pengendara. Butuh waktu cukup lama sebab arus deras mendorong motor hingga sulit diberdirikan.

“Tadi ditolong sama warga karena saya sendiri hampir terbawa arus. Memang agak sulit pas diberdirikan karena terdorong air dari atas,” katanya.

Pengendara yang melintas terpaksa menepi lantaran tak mau mengalami kejadian yang sama. Mereka memilih menunggu arus sedikit mereda sebelum kembali melaju.

Menurut Rohman, warga setempat, banjir tersebut kerap terjadi bila hujan deras terjadi. Air tak tertampung drainase lalu air limpasan dari atas pun sangat deras.

“Memang banjirnya limpasan dari daerah atas karena posisinya kan menurun. Cuma karena drainase sempit, jadi air meluap ke jalan,” katanya.

Banjir tersebut akhirnya berangsur surut menjelang malam. Sisa sampah dari saluran drainase yang terbawa arus banjir berserakan di jalan. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan