Hijrah dari Berpikir Negatif ke Positif

SEORANG Motivator pernah menulis “jangan  pernah memelihara pikiran negatif, karena hal demikian tendensius berakibat pada terjadinya sesuatu yang negatif sangat besar”.

Mengapa? karena kita telah menghipnotis diri sendiri, atau telah melakukan sugesti negatif dengan membiarkan pikiran yang diulangi terus menerus dan mengendap di alam bawah sadar kita, bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi. Maka besar kemungkinan sesuatu yang buruk itu akan terjadi.

Diyakini bahwa kekuatan pikiran manusia  dapat membangun sesuatu yang positif dalam dirinya dan sekaligus dapat menghancurkan dirinya sendiri.

Hal demikian berhubungan dengan dua istilah, yaitu conscious mind atau pikiran sadar dan subconscious mind atau pikiran alam bawah sadar.

Boleh jadi diantara kita pernah mengalami dan merasakan betapa apa yang dipikirkan secara terus menerus maka akan menjadi kenyataan.

Misalnya kalau orang percaya dan menyakini bahwa harus pidato ia akan sakit perut tanpa sadar ia sesungguhnya sudah memprogram dirinya sendiri yakni “Kalau pidato, maka akan sakit perut”.

Alam bawah sadar atau subconscious mind-nya akan berkerja secara alami untuk mengerjakan apa yang diprogramnya. Contoh lainnya adalah seperti seorang siswa yang tidak menyukai gurunya dan secara berulang-ulang berpikir “kalau gurunya galak seperti ini, saya bisa stres”.

Dengan pengulangan afirmasi terus-terusan  maka secara tanpa sadar siswa itu sudah mengutuki dirinya sendiri. Maka seperti apa yang secara berulang ulang dipikirkan dan diucapkan, akibatnya siswa tersebut benar benar stres walaupun belum tentu gurunya itu galak seperti yang dipikirkannya.

Gambaran keadaan di atas, menunjukan bahwa dalam banyak kejadian, terkadang pikiran manusia selalu mendahului realita. Orang yang selalu pesimis menghadapi tantangan hidup dan berpikir ia tidak akan mampu menghadapinya maka pada akhirnya akan gagal. Itulah gambaran dan konsekuensi kalau kita selalu berpikir negatif. Oleh karena itu saatnya kita hijrah untuk selalu berpikiran positif.

Berpikir Positif

Dari beberapa definisi, berpikir positif /Positive thinking diartikan sebagai  suatu sikap mental yang membuat kita berharap untuk mendapatkan hasil yang baik, bahkan terbaik dan menguntungkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan