Hari Santri Nasional Tanpa Pawai

SUMEDANG – Akibat terkendala pandemi Covid 19, peringatan Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober 2020 men­datang akan dilaksanakan secara virtual.

Sekretaris PCNU Kabupaten Sumedang yang juga Panitia HSN, Ayi Subhan Hafas men­gatakan, untuk memeriahkan agenda tahunan itu, pihaknya sudah menyiapkan beberapa perlombaan. Perlombaan akan dilaksanakan secara daring (dalam jaringan/online).

”Pertama lomba video do­kumenter tentang Adaptasi Kebiasaan Baru di Pondok Pesantren, Lomba Mars Yahlal Waton dan Nadoman Kitab Imriti,” kata Ayi kepada Su­meks.

Bahkan pada pada pun­caknya nanti, akan diisi dengan Istigotsah Virtual yang akan dilaksanakan di Gedung Negara.

”Insyaallah, tanggal 22 Ok­tober 2020 kita akan isi pun­cak Hari Santri dengan Isti­gotsah yang dipimpin oleh beberapa kiyai selaku host-nya dari Gedung Negara yang terbatas jumlahnya. Peserta­nya dari pesantren-pesantren mengikuti secara live dan online,” tuturnya.

Disebutkan, Hari Santri Na­sional Tahun 2020 mengusung tema ’Santri Sehat, Indonesia Kuat’ sebagai penyemangat melawan Covid-19.

”Kita peringati Hari Santri untuk mengenang sejarah santri sebagai salah satu ujung tombak melawan penjajah. Kalau sekarang melawan Covid-19,” katanya. (nur)

Tinggalkan Balasan