Hari Ini, Pelayan SIM Gratis

SOREANG – Dalam rangka HUT Bhayangkara, secara serentak Polri memfasilitasi pembuatan dan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) Gratis kepada masyarakat yang lahir pada tanggal 1 Juli.

Kasatlantas Polresta Bandung Kompol Erik Bangun Prakasa mengungkapkan, penggratisan SIM tersebut dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, kegiatan ini merupakan apresiasi dari Korlantas Polri dalam rangka HUT Bhayangkara 1 Juli 2020.

[ihc-hide-content ihc_mb_type=”show” ihc_mb_who=”4,3″ ihc_mb_template=”1″ ]

”Pada hari Bhayangkara, kami akan memberikan keringanan kepada masyarakat yang lahir pada 1 Juli. Nantinya, masyarakat tak perlu membayar lagi PNPB, serta biaya lainnya seperti biaya kesehatan dan asuransi. Untuk terlaksananya Program  SIM gratis, Kami bekerja sama dengansalah satu Bank,” kata Erik saat memberikan keterangan kepada awak media di Mapolresta Bandung, Selasa (30/6).

Erik menjelaskan, meski program dilaksanakan hari ini. Pihaknya sudah menerima pendaftar sebanyak 8 orang, mereka telah mendaftarkan diri ke Satpas SIM Polresta Bandung. Meski diberikan pelayanan khusus, masyarakat yang mengikuti program tersebut, tetap harus mengikuti serangkain tes. ” Meski pelayanannya gratis, warga yang lahir pada 1 juli itu tetap diharuskan mengikuti serangkaian tes dalam pembuatan dan perpanjang SIM. Ya, tetap harus ikuti tes kesehatan, tes teori, hingga praktik,” jelasnya.

Dengan adanya program tersebut, Erik mengimbau masyarakat Kabupaten Bandung khususnya yang lahir pada 1 Juli bisa mengikuti program tersebut. ” Masyarakat cukup datang ke Satpas SIM Polresta Bandung, bawa KTP dan tunjukkan kepada petugas pelayanan. Kami sudah menyiapkan anggota khusus, sehingga masyarakat akan mudah,” akunya.

Program tersebut mendapat apresiasi masyarakat, Fitri 36 warga Baleendah Kabupaten Bandung, merasa senang karena telah di fasilitasi pembuatan SIM secara gratis oleh pihak Polri. ”Saya berterima kasih kepada Polri khususnya Sat Lantas Polresta Bandung yang telah memberikan SIM secara gratis di tanggal kelahirannya. 1 Juli, ternyata berbarengan dengan HUT Bhayangkara,” katanya.

Fitri mengaku, sudah lama tak memiliki SIM. Meski dulu pernah memiliki namun telah lama habis. Setelah membaca dari media sosial ada pembuatan SIM gratis untuk yang lahir pada 1 Juli, dirinya langsung daftar ke Polresta Bandung  ”Hari ini saya membuat SIM C, mekanisme pembuatan SIM secara normal. Saya berharap, semoga di hari Bhayangkara ke-74 ini. Polisi bisa lebih mengayomi masyarakat dan lebih di cintai masyarakat,” pungkasnya.(yul/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan