Harga Cabai Naik Hingga Rp 5.000/Kg

CIMAHI –Memasuki pekan kedua Januari 2020, harga sejumlah jenis cabai di pasar tradisional di Kota Cimahi mengalami kenaikan hingga Rp 5 ribu per kilogram (kg). Penyebab meroketnya harga diduga karena cuaca buruk, yang berimbas pada tersendatnya pasokan cabai dari daerah penghasil.

Dari pantauan di Pasar Atas Jalan Kolonel Masturi pada Kamis (9/1), harga cabai merah biasa naik dari Rp 20 ribu per kg menjadi Rp 25 ribu per kg, cabai merah tanjung dari Rp 45 ribu per kg menjadi Rp 50 ribu per kg. Begitu pula cabai merah keriting naik dari Rp 50 ribu per kg menjadi Rp 55 ribu per kg, serta cabai hijau keriting dari asalnya Rp 27 ribu per kg naik menjadi Rp 30 ribu per kg.

”Sejak awal tahun mulai naik, baik cabai merah biasa maupun cabai merah keriting, langsung naik Rp 5 ribu per kg,” ungkap Lilis (53), salah seorang pedagang sayuran.

Menurutnya, pasokan cabai ke pasar tradisional terkendala setelah daerah penghasil cabai seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur banyak yang mengalami gagal panen. Kalau pun ada yang panen, tetap tidak optimal.

”Mungkin karena cuacanya yang lagi ekstrim. Sebab cuaca kan sangat berpengaruh terhadap panen atau tidaknya para petani,” katanya.

Lilis mengaku naiknya harga cabai dikeluhkan sejumlah konsumen. Banyak konsumen yang tidak jadi beli karena menganggap harganya terlalu mahal.

”Kalau omset pastinya turun drastis. Kita juga ngga bisa jual dengan harga seperti sekarang ini, soalnya pembelinya keberatan. Agar barang laku, kita paling turunkan harganya sedikit,” ujarnya.

Selain cabai merah, harga bawang putih juga mengalami kenaikan. Seperti yang diungkapkan Latifah (56), pedagang sayuran di Pasar Cimindi.

”Sejak kemarin naiknya, dari Rp 32 ribu per kg menjadi Rp 33 ribu per kg. Katanya sih karena cuaca buruk, jadi pasokannya berkurang,” ungkapnya.

Dia pun memperkirakan harga bawang putih akan kembali mengalami kenaikan, mengingat masih terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

”Hujan kemungkinan masih ada, katanya sampai maret. Jadi harga bawang juga mungkin akan naik lagi,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan