Hamilton Menang Meski Kondisi Ban Nyaris Lepas

JAKARTA – Nyaris tidak ada kejutan pada race GP Inggris yang berlangsung di Sirkuit Silverstone. Superstar Mercedes Lewis Hamilton start dari posisi terdepan, diikuti rekan setimnya, Valtteri Bottas.

Menyusul di belakang mereka jagoan Red Bull Max Verstappen. Hampir sepanjang balapan seperti itu. Sungguh balapan yang ”normal”. Namun, hanya dalam tiga lap terakhir menjelang finis, drama terjadi. Pada lap ke-50, ban depan kiri Bottas hancur setelah sempat keluar lintasan. Padahal, saat itu pembalap Finlandia tersebut sedang menguntit Hamilton di posisi kedua.

Alih-alih mempertahankan kesempatan podium, Bottas harus tertatih menuju pit stop dan tercecer di posisi ke-11. Di radio, Mercedes mengingatkan Hamilton untuk tidak mengambil risiko memburu fastest lap pada lap terakhir. Eh, sesaat kemudian, ban depan kirinya benar-benar menyerah. Puncture juga. Tertatih-tatih, sang juara dunia membawa mobilnya ke finis.

Dia melintasi garis akhir dengan kondisi ban yang mengenaskan, hancur, nyaris terlepas. ”Ya Tuhan. Aku nggak pernah mengalami hal seperti itu di lap terakhir. Jantungku hampir copot rasanya. Kurasa di situlah kerennya aku. Masih bisa bersikap tenang meski aku nyaris berhenti bernapas,” kata Hamilton ketika diwawancarai David Coulthard sebelum podium.

Hamilton beruntung insiden itu tidak sampai membuatnya kehilangan posisi terdepan. Dia memang berhasil menjaga jarak lumayan panjang dengan Verstappen. Sehingga, meski pembalap Belanda itu langsung memacu mobilnya setelah Bottas out, Hamilton tetap tak terkejar. Dia finis dengan gap lebih dari lima detik di depan Verstappen.

Kedua Mercedes mengalami masalah ban lantaran masuk pit stop jauh lebih awal daripada yang direncanakan. Keputusan itu diambil gara-gara safety car keluar untuk kali kedua saat balapan belum juga mencapai 15 lap. Baik Bottas maupun Hamilton mengganti ban dari medium ke hard pada lap ke-13.

Meski begitu, mereka tampaknya mampu menjaga pace. Hanya, tanda-tanda ban habis makin tampak seiring bertambahnya lap. ”Sampai lap terakhir, semuanya terasa mulus dan lancar. Ban terasa enak. Valtteri nge-push dengan keras, tapi aku berhasil melakukan manajemen ban dengan baik,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan