Gubernur Ingin Kepala Desa Harus Pahami Program di Era Digital

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berpesan dihadapan ketua-ketua Asosiasi Kepala Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) wilayah Jabar agar memahami program-program yang dicanangkan oleh pemerintah provinsi.

Kepada pengurus Apdesi pria yang akrab disapa Emil ini menginginkan agar Kepala desa selalu meningkatkan kompetensi, profesional dan melayani masyarakat. Terlebih kepala desa kini diberikan tanggung jawab untuk mengelola dana desa.

“Jadi banyak tanggung jawab seperti harus meng-update diri dari sisi integritas jangan sampai tergoda oleh hal yang kurang baik, harus profesional, paham bagaimana pemerintahan digital dikelola,’’kataketika ditemui usai melantik kepengurusan DPD Apdesi wilayah Jabar masa bakti 2019-2024 di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Selasa (18/2).

Selain itu, Kepala desa harus melayani. Sebab, bagaimanapun kepala desa juga dipilih rakyat. Desa juga sekarang punya sistem untuk mengatur anggaran untuk membuat program-program pembangunan.

Emil menuturkan, sudah menugaskan kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPM-Desa) untuk menghimpun aspirasi dari seluruh desa. Sebab, Pemprov sendiri ada sembilan program yang akan dijadikan anggaran terbaik di tahun 2021.

“Tadi kan dengan anggaran kita dan komitmen dalam setahun saja status desa-desa melompat, kami ingin ngebut mudah-mudahan tahun ini melompat lagi. Tahun pertama kan pondasi, tahun kedua akselerasi, tahun ketiga prestasi,’’pungkas Emil. (mg1/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan