Good Bye Ma La

“Lebih baik saya pergi diam-diam. Terlalu sulit untuk mengucapkan good bye”. Kata-kata itu ditulis sendiri oleh istri Jim Mullinax di Medsosnyi. Mullinax adalah Arek Suroboyo. Jabatan terakhirnya adalah Konsul Amerika Serikat di Kota Chengdu, Tiongkok bagian barat. Yang ditutup Senin lalu itu.

Mullinax pernah lama bertugas di Konsul Amerika di Surabaya. Ia bisa berbahasa Indonesia. Sebelum ke Chengdu, Mullinax bertugas di Jakarta. Yakni menjabat sebagai konselor untuk bidang ekonomi di kedutaan besar Amerika di Jakarta.

“Tragis.” Hanya itu komentar pendek Mullinax ketika ia harus meninggalkan Chengdu. “Persahabatan selama 35 tahun harus berakhir begitu saja,” katanya. Sang istri lebih kelihatan melankolis. Sang istri sangat populer di Tiongkok. Juga di Taiwan. Medsos-nyi diikuti oleh 605.000 followers. Yakni yang di Weibo. Sedang Facebook-nyi diikuti oleh 70.000 orang.

Nama sang istri: Tzu-i Chuang. Dia lahir di Taiwan. Dalam bahasa Mandarin nama itu ditulis Zhuang Zu Yi.

Sang istri ahli masak. Buku-buku masaknyi –dalam bahasa Mandarin– terjual laris. Pernah jadi buku terlaris dalam jaringan online, mirip Amazonnya Taiwan.

Ny. Mullinax tidak sempat pamitan kepada siapa pun di Chengdu. Tapi itu ada baiknya. “Kalau Anda tidak mengucapkan good bye berarti Anda tidak benar-benar pergi,” tulis Ny. Mullinax di Weibo. “Suatu hari saya pasti kembali ke Chengdu,” tambahnyi.

Tiongkok memang memerintahkan Konsulat Amerika itu untuk tutup dalam 72 jam. Itu sama dengan perintah penutupan Konsulat Tiongkok di Houston oleh Amerika sehari sebelumnya. Ny. Mullinax juga menulis di Weibo bahwa sebenarnya warga konsulat itu ingin memasang sebuah spanduk. Bunyinya: Terima Kasih Chengdu 1985-2020. Menurut rencana spanduk itu dipasang di tembok luar gedung konsulat.

Tapi spanduk itu tidak sempat dibuat. Semua orang terlalu sibuk dengan batas waktu 72 jam. Semua harus cepat-cepat berkemas. Gedung harus segera dikunci, Senin jam 10 pagi. “Hati saya akan selalu di sini,” tulis Ny. Mullinax.

Kepopuleran Ny Mullinax tidak lain karena resep-resep masakannyi. Dia bisa masak jenis masakan apa saja: Barat, India, Arab, Indonesia apalagi masakan Tionghoa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan