Genjot Kemampuan Timnas U-19

JAKARTA – Penggawa Timnas Indonesia U-19 dipastikan akan berlatih dengan lebih fokus pada lanjutan pemusatan latihan atau training camp (TC) di Stadion Madya, Senayan selama 7-15 Agustus. Kepastian TC tahap lanjutan itu seiring pengurangan pemain 46 menjadi 35 saja.

Menurut Manajer Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae Yong, saat ini dia telah meningkatkan tahapan latihan yang dimulai sejak 7 Agustus lalu. Materi latihan Timnas Indonesia U-19 meningkat setelah pelatih asal Korea Selatan itu melihat kondisi pemain-pemainnya yang melakukan exercise secara mandiri di hotel dalam masa karantina sejak 23 Juli lalu.

”Pada pekan ini kami sudah memberikan peningkatan materi dalam latihan,” kata Shin Tae Yong sebagaimana dilansir dari situs PSSI.

Bukan hanya itu, Shin Tae Yong juga memaksimalkan sisi psikologis pemain-pemain asuhannya. Dengan demikian mental pemain Tumnas U-19 makin baik dalam menghadapi ajang-ajang besar ke depan.

Adapun untuk meningkatkan kondisi dan menjaga fisik pemain di tengah pandemi Covid-19, Shin Tae Yong telah meminta nutrisi bagi penggawa Timnas U-19 diperhatikan dengan baik. ”Kami juga akan mengasah mental dan terus memberikan nutrisi yang baik kepada pemain,” jelasnya.

Timnas Indonesia U-19 yang dikumpulkan dalam TC kali ini dipersiapkan untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang akan berlangsung pada 14 sampai 31 Oktober mendatang di Uzbekistan. Mereka ditarget bisa menembus semifinal di ajang ini, sehingga menegaskan kualitas Timnas Indonesia U-19 untuk bersaing di Piala Dunia U-20 2021.

Semenata Satu pemain yang tercoret dari Timnas Indonesia U-19 ialah M Rifaldo Lestaluhu. Pemain asal klub Mitra Kukar itu mengaku terkejut karena belum sekalipun menginjakkan kaki di lapangan Stadion Madya, Senayan, untuk latihan, tetapi langsung dicoret.

”Ya sedih, kaget juga. Padahal saya belum latihan, nggak pernah latihan di lapangan, tetapi dapat kabar dicoret,” ucapnya, saat dihubungi Selasa (11/8) malam.

Faldo menjelaskan, dirinya memang tidak mendapatkan penjelasan kenapa dicoret. Selama ini, dia di kamar terus karena dikarantina. ”Dokter bilang izinkan latihan Selasa ini, tetapi kok semalam dapat kabar dicoret,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan