Genjot Ekonomi Desa, DPMD Bekasi Latih Emak-emak Menjahit

BEKASI – Upaya Dinas Pemberdayaan Ma­syarakat dan Desa (DPMD) untuk meningkatkan per­ekonomian rakyat terus digalakkan.

Satu di antaranya, pela­tihan menjahit kepada 60 ibu rumah tangga dari Desa Sukaragam, Kecamatan Se­rang Baru di Yayasan Al- Baniyah Sukaragam.

Kepala DPMD Kabupaten Bekasi Ida Farida secara lugas mengatakan, pem­binaan masyarakat desa melalui keterampilan men­jahit merupakan salah satu upaya pemerintah menum­buhkembangkan usaha ekonomi desa.

Hal ini tentunya untuk me­ningkatkan ekonomi rakyat.Dengan harapan materi dan praktik pelatihan yang disampaikan nanti dapat menjadi bekal yang berguna bagi para emak-emak, seka­ligus membuka lapangan kerja secara mandiri.

“Untuk program ini akan ditindaklanjuti di desa. Nanti mereka membuat ke­lompok-kelompok, minimal mereka bisa menjahit untuk keluarganya mereka bisa,” Kata Ida kepada Cikarang Ekspres, Kamis (27/8).

Ida melanjutkan kendala warga yang mengikuti pela­tihan menjahit kurangnya infrastruktur. Mengingat tidak semua peserta mem­punyai mesin jahit.

“Paling tidak dalam pelatihan ini mereka diberi keterampilan dasar menjahit dulu,”ujarnya.

Ida berharap, semua program-program yang diker­jakan harus ada napak ti­lasnya dan berbekas. “Jan­gan cuma dilatih setelah itu sudah gak ada kelanju­tannya,” bilang dia.­

Untuk itu, kata Ida, peser­ta ini akan masuk ke pasar garmen. Kalau BUMDes-nya punya segmen men­jahit dan bisa menerima hasilnya dari itu atau mer­eka bisa masuk ke pasar industri.

“Jadi jangan sampai pela­tihan menjahit ini tidak ada progresnya. Melain­kan harus ada hasil yang bisa meningkatkan eko­nomi warga sekitarnya,” tuturnya. (mil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan