Geluti Ikan Hias Cupang Saat Pandemi, Dari Hobi Jadi Bisnis Menguntungkan

“Kalau omzet masih segimana masuknya saja, biasanya kalau lagi beruntung, dalam waktu seminggu bisa sampai Rp 2.000.000 lebih. Tapi kalau sedang sepi paling bisa hingga Rp 500 ribu,” aku Ilham.

Padahal ia hanya bermodalkan tak lebih dari Rp 500 ribu sejak awal menjalani hobi yang kemudian jadi bisnisnya itu. “Untuk modal awal hanya sekitar Rp 250-500 ribu buat beli indukan, termasuk murah beli indukan dengan harga segitu,” lanjutnya.

Semua tak ia dapatkan mudah begitu saja, semula Ilham merasa perlu memasarkannya secara luas, tak berhenti di kalangan kerabat dekat oleh sebabnya ia memanfaatkan media sosial demi terciptanya segmentasi pasar yang jelas.

Seperti menggunakan Facebook dan Instagram, ia mengatakan, “Buat pemasarannya masih menggunakan pasar online, yaitu melalui media sosial Facebook dan Instagram. Sistem promosinya biasanya lewat akun-akun seller cupang yang sudah terkenal. Kayak join live bareng atau tag di Facebook,” paparnya.

Kini, cupangnya telah terbang jauh ke luar kota yang sebelumnya tak pernah terbayangkan oleh dirinya sendiri. Semua karena ia lakoni dengan tekun dan tak mudah jenuh.

Meski hampir setiap pelaku usaha dan bisnis mengalami gencatan dahsyat akibat wabah, Ilham cenderung tak ada masalah, ia berucap, “Menghadapi pasar selama pandemi ini sih sebenarnya tak ada masalah, justru ikan cupang melejit dengan kenaikan yang sangat pesat,” katanya.

“Ikan saya yang paling jauh sudah terkirim sampai ke Denpasar, Bali. Bahkan ikan kawan saya si Rajiv sampai terbang ke Malaysia,” paparnya.

Tak ketinggalan, ia juga menceritakan penamaan brand bisnis ikan cupangnya itu. Oleh sebab ia jauh sebelumnya hobi dengan motor Vespa dengan segala kehidupannya. Maka penamaan bisnisnya tak jauh-jauh dari kehidupan yang erat dengan situasi bengkel.

“Nama akun kalau di Facebook pakai nama saya sendiri, kalau di Instagram pakai nama brand cupangnya, adalah bengkelcupang_bdg. Karena awalnya saya hobi di vespa tentu yang sering nongkrong di bengkel, jadi saya kasih nama itu,” cerita Ilham.

Kemudian ia melanjutkan ceritanya tentang jenis cupang apa saja yang masuk daftar rekomendasi pasar yang menjadi watermark di bisnisnya. “Jenis cupang yang ada di bengkelcupang_bdg adalah hellboy, avatar gold cooper, avatar gordon, dan blackseries lainnya, juga ada koi galaxy, nemo galaxy,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan