FIM Siapkan Sirkuit Cadangan untuk MotoGP 2020

JPNN – Penyelenggara MotoGP harus memutar otak mencari solusi menyelamatkan musim ini, dampak meluasnya penyebaran virus corona di dunia.

Bukan tanpa alasan, seri Amerika Serikat yang diharapkan menjadi pembuka pada 5 April, pun ikut terancam. Alhasil, Dorna Sport dan FIM pun mulai memetakan sirkuit cadangan atau pengganti.

Presiden FIM Jorge Viegas, mengatakan bahwa kini Sirkuit Algarve yang terletak di Partimao, Portugal, menjadi salah satu tempat cadangan untuk MotoGP 2020.

Pertimbangannya, karena Portugal sendiri dinilai masih menjadi lokasi yang aman sampai saat ini.
“Portimao adalah sirkuit cadangan, seperti Estoril. Di Portugal, belum ada pembatasan (perjalanan),” ujar Viegas, sebagaimana dikutip dari Autosport, Selasa (10/3).

Pemerintah Portugal diketahui belum memberlakukan pembatasan perjalanan untuk negara terdampak virus corona.
Kondisi tersebut berbeda dengan beberapa negara penyelenggara MotoGP 2020 yang sudah membatasi perjalanan untuk turis dari beberapa negara, khususnya Italia dan Jepang.

Selain Sirkuit Algarve, sirkuit lainnya di Portugal yang disebut tengah menjadi pertimbangan untuk gelaran MotoGP 2020, yakni Estoril.

Sirkuit Estoril sejatinya pernah menjadi tempat penyelenggaraan MotoGP.

Sementara itu, Pembalap Avintia Racing, Johann Zarco menyikapi santai terkait meluasnya wabah corona ke berbagai megara dunia.

Bagi Zarco, ia tidak pernah takut dengan virus corona sehingga tidak perlu menyikapinya secara berlebihan.
Selama menjalani dua tes pramusim di Malaysia dan Qatar, Zarco mengaku sama sekali tidak mengenakan masker. Menurutnya, andai terpapar, maka itu sudah takdir.

“Saya termasuk golongan fatalistik. Apa yang terjadi, terjadi lah. Saya tidak akan mengambil risiko yang tidak penting. Saya tidak memakai masker ketika ke Malaysia atau Qatar selama tes pramusim,” ucap Zarco, lansir Corse di Moto, Senin (9/3).

Terkait keputusan penyelenggara saat menyikapi penyebaran virus corona dan imbasnya ke jadwal MotoGP, Zarco memilih tidak mau banyak bertanya.

“Di sisi lain, Dorna Sports pasti lebih hati-hati dari saya. Dia punya banyak karyawan untuk diperhatikan. Jadi, saya akan melakukan apa yang mereka katakan,” sambung pembalap berusia 29 tahun tersebut.

Seri pembuka MotoGP 2020 di Qatar dibatalkan, juga seri lanjutan di Thailand pun ilut ditunda imbas corona. Bahkan nasib seri MotoGP di Amerika Serikat pun kini masih dalam pantauan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan