Emil Minta Sekda Fokus Kerja

BANDUNG– Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta kepada Sekda Jabar definitif, Setiawan Wangsaatmaja untuk fokus bekerja. Tak hanya itu, sekda juga harus mampu menjalankan fungsi sebagai fasilitator antara kepala daerah dengan dewan, masyarakat, hingga organisasi masyarakat.

Emil pun menekankan tiga hal yang mesti dimiliki sekda yang barus dilantik ini. Pertama, integritas, melayani dengan hati, dan profesionalisme.

“Maka gunakan jabatan bukan sebagai tujuan, tapi sebagai sarana membawa perubahan, sarana membawa kemajuan, gunakan jabatan untuk memperluas kebermanfaatan, gunakan jabatan sekda sebagai sarana ibadah. Kita hadir di sini semata-mata untuk ibadah. Mudah-mudahan ini mengawali proses berintegritas,” kata Emil, sapaan akrabnya di Gedung Sate, Jumat (14/2).

Usai dilantik, Setiawan pun langsung memaparkan target kerjanya sesuai dengan amanat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Pertama, kata dia, bagaimana birokrasi ini bisa melayani masyarakat dengan baik. Kedua, bagaimana penyederhanaan reformasi birokrasi dan bisa dijalankan di Jawa Barat.

“Karena memang birokrasi reformasi ini akhirnya adalah pelayanan publik yang lebih baik. Itu yang diharapkan oleh bapak gubernur. Itu adalah amanat yang saya rasa perlu saya pegang betul dan harus dijalankan pada masa ke depan,” kata pria yang akrab disapa Iwan ini.

Dia juga menjelaskan, alasan kenapa dirinya dipilih sebagai Sekda Jabar, menurutnya, dari awal karirnya Iwan sudah di Jabar kemudian alih tugas di Kemenpan-RB dari tahun 2013. Selanjutnya, menjabat sebagai sumber daya manusia aparatur yang mengurusi Jabar.

“Bagi saya Jabar sudah tidak asing lagi. Mari kita sama-sama dan visi misi pak Gubernur dan Wakil Gubernur, terutama saya akan perhatikan dan akan saya jalankan,” jelasnya.

Iwan berharap, dirinya dapat menjalankan tugas fungsi sekda yaitu untuk membantu kepala daerah (gubernur maupun wakil gubernur) dalam penyusunan kebijakan maupun koordinasi administratif untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Tentu saja harapan yang paling utama bisa bersinergi satu sama lain. Jadi saya sebagai sekda, harus punya peran, bagaimana membantu kepala daerah untuk mensinergikan seluruh OPD dan lembaga lainnya di Jabar,” paparnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan