Dukung Ketahanan Pangan, Warga di KBB Galakan Tanam Sayur di Polybag

RONGGA – Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal 2020 berdampak pada sektor ekonomi masyarakat. Akhirnya masyarakat perlu memutar otak untuk bertahan dengan beragam cara demi keberlangsungan hidup.

Salah satu cara yang ditempuh yakni ketahanan pangan. Masyarakat di Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, mulai menggalakan wajib tanam sayuran di polybag.

Kepala Desa Sukaresmi, Engkus Kustendi, mengatakan program tanam sayuran di polybag itu banyak pos angaran desa dialihkan untuk penanganan Covid-19.

“Karena situasi sekarang lagi pandemi, akhirnya kita memutar otak untuk membuat program yang mendukung ketahanan pangan masyarakat,” ungkap Engkus, Kamis (22/10).

Program tersebut diawali oleh kader-kader PKK desa baik di rumah maupun di halaman kantor desa. Nantinya masyarakat bisa melihat hasilnya sehingga turut tergerak melakukan hal serupa.

“Percontohan oleh pengurus PKK dan perangkat desa dulu nanti kalau hasilnya bisa dilihat oleh masyarakat kan mereka juga tertarik. Minimal di satu rt itu ada satu juga menanam sayuran di polybag,” terangnya.

Satu orang diwajibkan menanam hingga 10 polybag. Jenis sayuran yang ditanam pun disesuaikan dengan kebutuhan konsumsi masyarakat, seperti sosin, tomat, cabai, bawang, maupun jenis tanaman lainnya.

“Kita minta mereka tanam sayuran yang bisa ditanam dalam waktu sebentar lalu dipanen dan hasilnya bisa mereka konsumsi sendiri atau dijual asalkan jumlahnya banyak,” terangnya.

Saat ini baru ada 60 orang yang mulai menjalankan program tersebut. Namun hingga saat ini, hasilnya masih menjadi konsumsi sendiri.

“Sudah 60 orang baik dari PKK atau pegawai desa, tapi memang masih untuk konsumsi sendiri. Belum dipasarkan, tapi target pasar kalau memang mau dijual pun kita sudah ada karena di sini ada pasar di sini,” tandasnya. (mg6/yan)

Tinggalkan Balasan