DPRD Jabar Bentuk Satgas Lawan Covid-19, Siap Salurkan Bantuan ke Pelosok Daerah

BANDUNG – DPRD Provinsi Jawa Barat bentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk Lawan Covid-19 di Wilayah Jabar.

Anggota Komisi III DPRD Jabar Pepep Saeful Hidayat mengatakan,  Satuan tugas ini sesuai Surat Keputusan Rapat Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia tanggal 31 Maret 2020 di Jakarta dan Penetapan dan peresmian Satgas Lawan COVID-19 Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia pada tanggal 9 April 2020 di Jakarta.

Dia mengatakan, persoalan Covid-19 bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah atau perorangan, melainkan tanggungjawab bersama.

Menurutnya, dengan adanya Satgas Lawan Covid-19 DPRD Jabar dibentuk sangat bagus sehingga bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi dan Gugus Tugas.

“Persoalan Covid-19 ini kan bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah atau orang perorang, tetapi harus semua terlibat bagaimana agar pandemi ini segera selesai,” kata H Pepep saat dihubungi Jabar Ekspres di Bandung, Selasa (14/4).

Untuk itu, meski sudah ada pemerintah dan gugus tugas Covid-19 Pemprov Jabar, adanya Satgas Lawan Covid-19 DPRD Jabar bukan sebagai pesaing, melainkan untuk  bekerjasama menyelesaikan pandemi dengan

Selalu berkoordinasi dengan Gugus Tugas Provinsi supaya tidak tumpang tindih perannya.

“Sekali lagi, ini sekedar untuk bagaimana membantu agar persoalan ini cepat bisa kita atasi bisa diselesaikan, tentu tidak mengambil peran peran formal Gugus Tugas di Pemprov atau di pemerintah Kabupaten/Kota,” tegasnya.

“Kita justru hanya mencoba memberikan bantuan yang tentunya yang kapasitas dan ruang-ruang yang selama ini belum terisi. Artinya bersama sama saling menguatkan dan saling mengisi,” imbuhnya.

Anggota Fraksi Gerindra Persatuan itu mengaku, selama ini Satgas Lawan Covid-19 DPRD Jabar baru terbentuk, sehingga belum bergerak melebarkan sayap.

Iapun menegaskan, bahwa Satgas ini tidak menerima bantuan atau donasi dalam berbentuk uang, melainkan berbentuk barang.

“Semua dalam bentuk barang, mencoba kita distribusikan berdasarkan daerah-daerah yang kita petakan dimana disitu kurang, makanya perlu koordinasi dengan Gugus Tugas itu agar bantuan tidak menumpuk,” jelas politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP)  yang memiliki Dapil 11 Subang, Sumedang dan Majalengka itu.

Sementara itu, Ketua Satgas Lawan Covid-19 DPRD Jabar, Waras Wasisto mengatakan bahwa satgas ini akan memantau serta melakukan pengawasan terhadap penanganan covid19 di Jabar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan