Dorong Daya Tarik Wisatawan, Curug Cinulang Direvitalisasi

CICALENGKA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Pariwisata dan Budaya akan menggelar Festival Curug Cinulang pada 22 Juni 2020 mendatang. Kegiatan tersebut direncanakan seiring rampungnya revitalisasi Curug Cinulang di Desa Tanjungwangi, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bandung M Lutfi Hafiyyan bersama Wakil Ketua Komis B Yayat Sudaya saat meninjau revitalisasi curug Cinulang di Kecamatan Cicalengka mengatakan, pelaksanaannya sudah tahap finising. ” ada beberapa pembangunan sarana umum di Kecamatan Cicalengka ini, sebagaimana revitalisasi Alun-alun dan Terminal Cicalengka, pada saat yang hampir bersamaan obyek wisata Curug Cinulang juga direvitalisasi. Alhamdulillah saat ini Curug Cinulang dan Alun-alun Cicalengka, sedang dalam tahap finishing,” katanya saat ditemui di Cicalengka, Minggu (5/1).

Menurutnya, dengan pengelolaan objek wisata Curug Cinulang oleh Disparbud diharapkan nanti lebih profesional lagi. Sehingga, pengelolaanya akan lebih baik dan bisa menjadi pemasukan bagi kas Desa Tanjungwangi. ”Dalam Pengembangan kontruksi destinasi wisata Curug Cinulang, pemerintah Kabupaten Bandung mendapat bantuan keuangan dari APBD Jabar sebesar Rp 2,7 miliar,” jelasnya.

Luthfi menjelaskan, dengan pengelolaan yang profesional bisa memberikan kenyamanan kepada para pengunjung. Sebab, Curug Cinulang, memiliki keindahan alam karena dua buah air terjun yang berketinggian 30-50 meter. Air yang jernih, pemandangan yang indah, dapat membawa ketenangan dan kedamaian saat menikmati Curug dan debit air yang besar dan derasnya.

”Selain menikmati air terjun yang indah, wisatawan juga dapat menikmati pendakian bukit yang terletak di seberang sungai. Tidak hanya pendakian bukit, di bagian atas tepat di samping sungai yang mengalir ke air terjun utama terdapat wahana bermain anak-anak,” terangnya.

Luthfi, mengimbau dan mengajak masyarakat khususnya warga Cicalengka untuk turut berpartisipasi dalam pengembangan dan melestarikan potensi tersebut, dengan memberikan pelayanan kepada para wisatawan yang datang berkunjung.

”Kalau kunjungan wisatawan meningkat, maka perekonomian masyarakat pun akan ikut meningkat. Jadi, mari bersama-sama merawat Curug Cinulang Cicalengka ini, baik dari sisi kebersihannya, ketertibannya, menjaga kenyamanan dan keamanan agar tetap kondusif, serta menjadi warga tuan rumah yang baik dan ramah bagi para wisatawan yang datang ke Curug Cinulang,” pungkasnya. (yul/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan