Disdaging Akan Telusuri Telur yang Dijual di Bawah Harga Pasar

SOREANG – Beberapa pedagang telur di sejumlah pasar kaget dengan munculnya pedagang dadakan dengan jual telur harga murah.

Semenjak Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19), maraknya pedagang telur dadakan di pinggir jalan dengan menggunakan kendaraan roda empat dan membandrol harga murah.

Adanya pedagang dadakan dan menjual harga di bawah pasar, dikeluhkan sejumlah pedagang telur lainnya.

Menanggapi Hal ini, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bandung, Popi Hopipah mengaku, pihaknya akan memeriksa para pedagang telur yang menjual telur dibawah harga pasaran itu.

’’Meskipun telurnya masih bisa dikonsumsi, tetapi hal itu bisa mematikan pedagang telur dipasar,” ungkap Popi saat di wawancara, Kamis (18/6).

Kendati begitu, berdasarkan konsultasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, lanjut Popi, telur yang dijual itu laik di konsumsi. Tetapi memang harganya lebih murah, yaitu sekitar Rp16 ribuan.

“Saya khawatirkan yaitu bisa menghancurkan harga telur dipasar, ya nanti pedagang pasar dong yang merugi. Insya alloh secara kesehatan dapat dipertanggung jawabkan, tapi itu menjatuhkan pasar. Disini kita bicara tentang etika dagang,” kata Popi.

Popi mengaku tidak mengetahui mengapa telur itu bisa dijual lebih murah dari harga pasar. Pasalnya, selama pandemi Covid 19 ini, bahwa dirinya konsentrasinya lebih ke penanganan Covid 19.

“Oleh karena itu, secepatnya kami akan berkoordinasi dan menggerakan UPTD untuk menindaklanjuti adanya penjualan telur dibawah harga pasar,” tegasnya.

Sementara itu ditemui ditempat terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Tisna Umaran mengaku, bahwa pihaknya tak mengetahui asal para pedagang telur yang ada di jalan.

Namun, kata Tisna, dirinya memastikan bahwa  telur itu bukan berasal dari Kabupaten Bandung. karena, di Kabupaten Bandung tidak ada peternak yang orientasinya untuk Day Old Chicken (DOC) atau anak ayam.

Tisna menegaskan, pihaknya menduga  telur yang dijual dijalan adalah telur yang sengaja tidak ditetaskan. Tetapi itu masih perlu dilakukan pengkajian. Menurutnya, peternakan utamanya yang berskala besar biasanya menghasilkan produk DOC.

“Dulu itu harga DOC murah, jadi ngapain ditetaskan, karena biaya produksi sampai DOC itu lebih mahal daripada harga jualnya. Tetapi itu hanya dugaan saya,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan