Disdagin Bakal Sita Parsel Kedaluwarsa

BANDUNG – Untuk mencegah peredaran makanan yang sudah tak layak dikonsumsi atau sudah kedaluwarsa dijual dipasaran jelang lebaran, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung bakal melakukan Inspeksi Mendadak ke toko-toko penjual parsel.

Sidak dilakukan sebab, jelang Hari Raya Idul Fitri bisanya banyak penjual parsel yang memanfaatkan momen tersebut untuk berbuat nakal dengan menjual parsel makanan yang sudah kadaluwarsa.

Didagind rencananya bakal melakukan Sidak pada Senin 18 April 2020 (hari ini.red) dan akan melakukan penyitaan apabila kedapatan produk makanan yang sudah kadaluwarsa di dalam parsel.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan, pihaknya sudah membentuk tim untuk melakukan sidak yang hanya akan dilaksanakan selama satu hari.

”Ada lima tim yang bertugas, masing-masing tim akan menyusuri beberapa jalan di kota Bandung yang telah tercantum di surat tugas dan melakukan sidak ke pedagang parsel. Sidak ini juga berlaku untuk supermarket,” ujar Elly kepada Jabar Ekspres, Minggu (17/5).

Menurutnya, ada beberapa ketentuan yang bakal diperiksa oleh para petugas dalam rangka monitoring parsel di wilayah kota Bandung. Ketentuan tersebut antara lain tanggal kadaluwarsa, label halal, netto, kode produksi, dan izin edar.

Tak hanya itu, untuk produk impor harus mencantumkan label berbahasa Indonesia.

”Para petugas ini juga akan memeriksa kondisi barang serta penerapan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19,” ujarnya.

Dia menjelaskan, lima tim yang dibentuk guna melakukan sidak ini dibagi ke dalam beberapa lokasi yang berbeda-beda, setiap tim beranggotakan lima orang. Kelompok pertama akan menyusuri dan melakukan sidak di Jalan Karapitan, Jalan Cikawao, Jalan Muhammad Toha, dam Superindo Jalan M. Ramdan.

Sementara kelompok kedua akan melakukan Sidak di Jalan Setiabudhi, Jalan Cihampelas, Jalan Sukajadi, dan Borma Setiabudhi. Sedangkan kelompok ketiga ditempatkan di Jalan Astanaanyar, Jalan Cibadak, Jalan Gardu Jati, dan Transmart Festival Citylink.

”Kelompok keempat akan menyusuri Jalan Sudirman, Jalan Kebon Jati, Jalan Rajawali, dan Yogya Sumbersari. Dan yang terakhir atau kelompok kelima akan melakukan sidak di sepanjang Jalan Buah Batu, Jalan Cicadas, Jalan Ujungberung, dan Transmart Cipadung,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan