Dewan Dorong Sistem Ekonomi Berbasis Digital

BANDUNG – Pemerintah daerah di Jabar diminta untuk segera membangun sistem ekonomi berbasis digital pasca pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Yunandar Rukhiadi Eka Perwira, kemarin (10/6).

Dia menjelaskan, sistem ekonomi konvensional tidak mampu berjalan sebagaimana mestinya, karena masyarakat dibatasi untuk melakukan aktivitas di luar rumah.

Bahkan ketika dipaksakan, justru terjadi lonjakan penderita Covid-19. Hingga akhirnya kata Yunandar, saat ini sudah saatnya pemerintah menggiring masyarakat untuk mulai memanfaatkan teknologi dalam menjaga stabilitas ekonomi.

“Saat ini, karena wabah ini. Mau tidak mau masyarakat harus didorong dalam sistem ekonomi digital. Sudah saatnya pedagang pasar pun masuk dalam ekonomi digital. Nah ini tanggungjawab pemerintah, untuk berupaya memberikan semacam pelatihan dan juga memberikan insentif bantuan. Misalnya berupa sarana untuk promosi, seperti kamera atau lainnya yang bisa digunakan oleh pedagang kecil untuk bisa mempromosikan produknya. Lalu kemudian dibantu mempromosikannya dengan baik,” ujarnya dilansir inilah.com belum lama ini.

“Sesungguhnya menjadi pelaku pasar digital itu tidak sulit. Cuma memang ada kendala pemahaman teknologi saja di pedagang, yang saya kira masih kurang. Tapi sebenarnya anak-anak muda, di usia remaja memanfaatkan teknologi seperti barang yang biasa saja. Karena sudah terbiasa menggunakan media sosial. Belanja online. Harapan saya, pemerintah turun tangan membuat program pelatihan untuk melakukan promosi melalui sosial media, sebagai sarananya dan juga melalui market place,” lanjutnya.

Dia berharap, dengan munculnya dampak ekonomi akibat pandemi dapat menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah, dalam melihat peluang lain yang dapat dimaksimalkan untuk menjamin stabilitas ekonomi masyarakat di Jawa Barat.

“Memang perlu edukasi dan pelatihan yang panjang. Tapi minimal dengan momentum seperti sekarang ini, jadi ada dorongan. Semua pihak harus mencoba berinovasi di tengah kesulitan seperti saat ini agar ekonomi juga bisa bangkit,” pungkasnya. (bbs/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan