Dewan Cimahi Sayangkan Soal Nihilnya Anggaran Pemeliharaan Stadion Sangkuriang

CIMAHI – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi menyayangkan tidak tersedianya anggaran untuk pemeliharaan Stadion Sangkuriang oleh Pemkot Cimahi. Padahal sebelumnya, pihak dewan sudah meminta dinas terkait untuk mengusulkan penyediaan anggaran untuk pemeliharaan stadion bersejarah tersebut.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Kota Cimahi, Ayis Lavilianto usai melakukan peninjauan kondisi Stadion yang terletak di Jalan Sangkuriang itu pada Rabu (15/1/2020).

”Itu yang kita sayangkan, untuk pemeliharaan saja tidak ada. Sekedar bayar listrik saja enggak punya,” kata Ayis.

Saat ini stadion berkapasitas 12 ribu penonton itu memang terbengkalai. Kondisinya sangat memprihatinkan dan tidak laik digunakan sebagai venue pertandingan sepak bola.

Nasib Stadion Sangkuriang kini semakin tidak menentu seiring tidak cairnya bantuan anggaran dari Pemprov Jabar tahun ini. Padahal, bantuan keuangan tersebut menjadi sumber yang diandalkan untuk merenovasi stadion yang mencapai Rp 300 miliar.

Dengan batalnya bantuan itu, ungkap Ayis, pihaknya bersama Pemkot Cimahi tengah mencari alternatif pendanaan lain.

”Kita cari solusi. Ada beberapa alternatif yang dimungkinkan. Kami akan mendukung,” paparnya.

Salah satu solusi yang muncul, terang dia, dikerjasamakan dengan pihak ketiga atau swasta. Namun, kata Ayis, apabila direnovasi oleh swasta juga harus sesuai dengan Detail Engineering Design (DED) yang sudah dibuat tahun 2018.

”Kita kaji bersama dulu. Takutnya nanti kalau melenceng dari DED malah jadi temuan. Mudah-mudahan ada solusi yang baik,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga menyarankan unsur pimpinan DPRD Kota Cimahi berkirim surat ke unsur pimpinan DPRD Jabar untuk mendorong agar bantuan anggaran renovasi Stadion Sangkuriang segera direalisasikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, Budi Raharja mengakui jika, tahun ini memang pihaknya tidak memiliki anggaran khusus untuk pemeliharaan Stadion Sangkuriang. Apalagi untuk merenovasinya.

”Tahun ini kita tidak anggaran untuk pemeliharaan stadion. Tapi kita akan coba bersihkan secara swadaya,” katanya.(mg3/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan