Dedi Mulyadi Singgung Ridwan Kamil: Halau Pemudik dari Jakarta Perlu Tindakan Nyata

KARAWANG – Wakil Ketua Komisi IV DPR Dedi Mulyadi meminta Gubernur Jabar Ridwan Kamil tegas dalam menangani penyebaran virus Korona. Salah satunya dengan cara menghentikan sementara operasional angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

“Mobilitas kendaraan AKDP, baik bus dan elf, cukup tinggi dalam mengangkut penumpang. Itu sangat rawan dalam penyebaran virus Korona,” kata Dedi melalui sambungan telepon di Karawang, Sabtu (28/3).

Ia mengatakan, banyak orang dari Jakarta naik bus ke Bekasi, kemudian dari Bekasi ke Karawang. Lalu ke Cikampek, terus ke Bandung, begitu juga sebaliknya.

“Saya kira ini sangat rawan bagi penyebaran virus Korona, mengingat Jakarta telah menjadi daerah zona merah COVID-19,” katanya.

Legislator dapil Karawang, Purwakarta dan Bekasi ini meminta Gubernur Jabar tegas dalam menangani penyebaran virus Korona.

Hal tersebut disampaikan karena jika hanya sekadar imbauan agar orang tidak mudik, misalnya, itu akan sia-sia. Sehingga harus ada tindakan tegas dan nyata.

“Saya kan sudah meminta ke pemerintah pusat dan DKI Jakarta agar menutup jalur pemudik dari Jakarta ke daerah. Selanjutnya Gubernur Jabar juga bisa melakukan hal yang sama, misalnya dengan menghentikan sementara angkutan AKDP agar mobilitas manusia tidak terlalu tinggi,” katanya.

Dedi menilai penghentian sementara operasional angkutan AKDP tidak terlalu sulit, apalagi pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota telah mengalokasikan anggaran bagi para pekerja harian yang terdampak ekonominya akibat wabah virus Korona.

“Sopir dan kernet itu termasuk pekerja harian. Jika mereka berdiam di rumah kan ada dana kompensasinya. Saya dengar dari provinsi dapat Rp500 ribu per orang,” kata Dedi. (antara)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan