Dede Yusuf: Pentingnya Implementasi Pancasila Kepada Generasi Muda

RANCAEKEK – Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Dede Yusuf Macan Effendi gelar sosialisasi Empat Pilar di SMA Negeri 1 Rancaekek, Kabupaten Bandung, Senin (10/2/2020) lalu.

Anggota DPR RI/MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Dede Yusuf Macan Effendi,  menjadi pembicara utama dalam sosialisasi tersebut. Dalam kegiatan yang diiukuti ratusan siswa SMAN 1 Rancaekek, Ia mengajak dan mendorong para pelajar untuk mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari termasuk di lingkungan sekolah.

”Kami mengajak para peserta tersebut untuk melakukan gerakan anti bullying di lingkungan sekolah sebagai salahsatu wujud pelaksanaan nilai-nilai 4 pilar,” kata Dede Yusuf saat ditemui Jabar Ekspres di Rancaekek, belum lama ini.

Menurut Dede, sosialisasi tersebut bertujuan untuk memantapkan dan meneguhkan kembali semangat yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara dikalangan pelajar yang merupakan generasi muda bangsa. 

”Sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini mencangkup Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Pemahaman 4 Pilar ini bukan terletak pada pelajar harus menghafal materi, namun bagaimana memahami esensi dan mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan,” tuturnya.

Acara tersebut dihadiri Ketua Umum PGRI Jawa Barat, H. Dede Amar, pihaknya mengaku sangat mendukung adanya sosialisasi 4 pilar kebangsaan bagi para pelajar di wilayah Jawa Barat, khususnya di kabupaten Bandung. Sebab, Sebagai generasi muda bangsa, para pelajar harus tau tentang kebangsaan.

”Empat Pilar harus disosialisikan sejak dini, Saya mengajak generasi muda khususnya para pelajara yang masih berstatus pelajar ini untuk mengumandangkan dan mempedomani nilai-nilai yang terkandung pada empat pilar kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Dede.

Sementara itu, Wakil Kepala sekolah Bidang Kesiswaan SMAN  1 Rancaekek, Nurdin Soleh mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi atas kehadiran Dede Yusuf sebagai anggota DPR RI Komisi IX karena sudah mau berbagi pengetahuan kepada murid dan guru.

”Bahwa Pak Dede Yusuf adalah anggota DPR /MPR RI yang pertama yang berkunjung dan memberikan pengetahuan terkait 4 pilar kebangsaan bagi para pelajar SMAN 1 Rancaekek. Saya sangat mengapresiasi kedatangannya, karena 4 Pilar ini, sangat penting untuk para siswa agar tidak terjadi bullying di antara para pelajar,”pungkasnya.(adv/yul/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan