Dansektor 9 Marah Besar PT Combhiphar Masih Buang Limbah Tanpa Diolah

Dansektor 9 Marah Besar PT Combhiphar Masih Buang Limbah Tanpa Diolah

PADALARANG –Satuan Tugas (Satgas) Komandan Sektor (Dansektor) 9 Citarum Harum Kolonel Infantri Amir Mahmud marah besar kepada PT Combiphar. Sebab, perusahaan farmasi tersebut masih melakukan pembuangan limbah tanpa dilakukan pengolahan.

Hal ini diketahui setelah dia melakukan inspeksi mendadak (Sidak) rutin untuk mengecek pembuangan limbah industri-industri dikawasan Padalarang.

Pabrik yang berlokasi di Jalan Raya Padalarang Desa Kertajaya Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat itu dilakukan pengecekan satu persatu.

Pada awalnya, Dansektor 9 tidak menemukan aliran pembuangan limbah yang berbahaya. Akan tetapi, setelah melihat langsung saluran pembuangan air boiler, ternyata di langsung dibuang ke sungai.

Melihat kondisi ini, Kolonel inf Amir Mahmud sontak kaget dan langsung menanyakan dengan nada tinggi kepada petugas Ipal PT. Combhipar yang bernama Arif.

’’Ini air dari mana? Ini air buangan dari boiler dan condensate,’’ jawab Arif.

Pembicaraan seputar pembuangan air tersebut sempat menjadi perdebatan keduannya.

Dan setelah dicek kondisi airnya panas suhunya mencapai 50 derajat Celsius dan diduga limbah yang dikeluarkan sangat berbahaya.

Tidak menunggulama, Dansektor 9 langsung memerintahkan anak buahnya untuk menutup lubang pembuangan dengan semen.

Menanggapi hal itu, Dansektor 9 terlihat kesal, Sebab, hampir tiga tahun berjalan program Citarum harum yang di gagas Presiden Jokowi masih banyak industry yang tidak mau patuh untuk tidak mencemari Sungai Citarum.

’’Jadi jangan coba-coba ada Industri main-main dengan Satgas Citarum harum sektor 9 saya akan perangi pencemaran lingkungan,’’tukas Dansektor 9. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan