Dampak Korona, Roma Ikuti Cara Juventus

JAKARTA – Dampak wabah Covid-19 pada Serie A sung­guh tak main-main. Setelah Juventus, kini klub ibu kota AS Roma mengumumkan pemotongan gaji para pemain­nya sebagai imbas dihentikan­nya kompetisi.

Dilansir dari Football Italia, para pemain AS Roma, staf termasuk sang pelatih Paulo Fonseca mengajukan diri un­tuk memberikan gaji mereka selama sisa musim 2019-20 untuk meringankan beban klub. Skuad I Giallorossi di­laporkan telah setuju untuk tidak digaji selama empat bulan ke depan. Hal itu untuk membantu klub yang tengah mengalami krisis keuangan.

Guyuran donasi ini akan berpengaruh pada kesejah­teraan para pegawai yang kini masih menggantungkan nasibnya pada jaring penga­man sosial Pemerintah Italia. ”Para pemain, pelatih tim utama Paulo Fonseca, dan stafnya secara sukarela me­lepaskan gaji empat bulan musim ini,” tulis pernyataan AS Roma di laman resminya.

”Mereka juga telah setuju secara kolektif membayar selisih kekurangan upah para karyawan Roma yang ditempatkan pada skema ja­ring pengaman sosial pemerin­tah,” jelasnya.

CEO AS Roma, Guido Fienga mengapresiasi perhatian yang luar biasa dari para pemainnya. ”Ini mungkin sebuah wujud dari perbincangan kami menge­nai persatuan di Roma,” ujar Fienga yang dikutip BBC, ke­marin. ”Dengan sukarela untuk tidak menerima gaji selama sisa musim ini, para pemain, pelatih dan stafnya, semua ini membuktikan bahwa kami benar-benar terlibat dalam hal ini bersama,” jelasnya.

Roma sendiri sudah tidak berlaga sejak 1 Maret, selang beberapa hari sebelum kom­petisi Serie A ditangguhkan karena pandemi virus corona semakin parah di Italia. Ne­geri Pisa itu melaporkan angka kematian tertinggi di Eropa akibat Covid-19, dengan lebih dari 23.000 orang. ”Edin Dzeko, semua pemain dan Paulo telah menunjukkan bahwa mereka memahami apa arti klub ini dan kami juga berterima kasih kepada mereka semua atas sikap luar biasa mereka terhadap para karyawan di klub ini,” tuturnya.

Sebelumnya, sang rival Roma, Juventus juga memo­tong gaji pemain selama em­pat bulan membuat Cristiano Ronaldo diperkirakan kehi­langan uang sebesar 3,8 juta euro atau setara Rp 68,7 mi­liar. Kebijakan baru Juventus itu diumumkan di situs resmi klub, Sabtu (28/3) silam. Da­lam keterangannya, Juventus menerapkan kebijakan potong gaji untuk seluruh pemain dan pelatih dari Maret sampai Juni 2020.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan