CT Corp Berpeluang Kelola Pelabuhan Patimban

JAKARTA-Konsorsium CT Corp Infrastruktur In­donesia menjadi satu-satunya entitas yang lolos tahap prakualifikasi le­lang operator Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat.

Perusahaan yang lolos Konsorsium Patimban yang terdiri dari PT CT­Corp Infrastruktur Indo­nesia, PT Indika Logistic & Support Services, PT U Connectivity Services, dan PT Terminal Petikemas Surabaya.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengungkapkan Kemenhub telah mendapatkan calon perusahaan operator yang lolos tahap prakualifikasi proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, yang dilaksanakan den­gan pendampingan bersama Lembaga Kebijakan Pen­gadaan Barang/Jasa Pemer­intah (LKPP).

Hasil evaluasi dari panitia pengadaan telah disampaikan kepada Dirjen Perhubun­gan Laut selaku Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) untuk diproses leb­ih lanjut,” ucap Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam siaran resmi, Selasa (20/10).

Adita menjelaskan, setelah lelang dibuka pada 30 Sep­tember 2020, saat itu diharap­kan banyak perusahaan dan konsorsium yang mendaftar. Di akhir masa pendaftaran pada 14 Oktober 2020, ada 10 perusahaan yang ikut serta mengambil dokumen lelang. Adapun yang pada akhirnya memasukkan dokumen le­lang sebanyak lima peserta yang terdiri dari tiga perusa­haan konsorsium, dan dua perusahaan tunggal.

Lima peserta tersebut ke­mudian dinilai berdasarkan sejumlah kriteria yang telah ditetapkan, antara lain kemam­puan finansial, minimal aset bersih (net asset), kepemilikan izin badan usaha pelabuhan, serta pengalaman pengelolaan proyek terminal peti kemas dengan kapasitas minimum yang telah ditentukan.

“Dari hasil seleksi yang telah dilaksanakan dengan ketat, hanya satu perusahaan kon­sorsium yang memenuhi se­mua kriteria yang ditetapkan,” ucap Adita.

Sementara itu dari profil, mitra CT Corp Infrastruktur Indika Logistic & Support Ser­vices adalah anak usaha PT Indika Energy Tbk (JK:INDY), salah satu produsen batu bara terbesar di Indonesia.

Partner CT Corp yang juga mumpuni dalam bidang ke­pelabuhanan adalah PT Ter­minal Petikemas Surabaya (TPS). Perusahaan ini adalah anak usaha PT Pelabuhan Indonesia III (Persero).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan