Corona Masuk Balapan, Dorna Ubah Jadwal MotoGP

JAKARTA – Dorna selaku penyelenggara MotoGP resmi merilis jadwal terbaru kalender MotoGP 2020. Di mana, seri pembuka akan digelar di Argen­tina pada 19 April mendatang.

Seperti diketahui, pada lomba putaran pertama kelas MotoGP di Sirkuit Losail, Qa­tar, akhir pekan ini sudah dibatalkan. Kemudian, Mo­toGP Thailand juga mengun­durkan diri.

Perubahan jadwal terjadi untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Se­belumnya, MotoGP sudah melakukan pergantian jadwal seri pembuka karena permin­taan dari tuan rumah.

MotoGP AS kemudian jadi pilihan untuk jadi seri pem­buka yang rencananya dige­lar pada 3-5 April Sirkuit Aus­tin, Texas. Namun, agenda kembali dibatalkan.

”Karena wabah virus corona, gelaran ini dijadwal ulang dan akan berlangsung dari 13 sampai 15 November,” bunyi pernyataan di situs resmi Mo­toGP, Rabu (11/3).

Wacana perubahan jadwal MotoGP AS sudah tercium sejak Senin (9/3) lalu. Saat itu Pemerintah Daerah Austin mengeluarkan status darurat untuk mencegah wabah virus corona.

Segala kegiatan yang meli­batkan 2.500 orang atau lebih, dilarang. Terkecuali, penyel­enggara bisa meyakinkan Departemen Kesehatan Aus­tin bahwa rencana mitigasi penyakit menular sudah ada.

Perubahan jadwal mem­buat MotoGP Argentina dit­unjuk sebagai seri pembuka balapan musim ini pada 19 April mendatang. Meski de­mikian, Argentina tak serta merta bebas dari wabah co­vid-19. Sejauh ini korban corona di Argentina menga­kibatkan satu korban mening­gal. (der/fin/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan