Citra KPU Tercoreng

Politisi Mengecam

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) sangat menyayangkan tertangkapnya Wahyu Setiawan oleh KPK. “Ssangat menyayangkan kasus ini menimpa komisioner KPU,” kata Gus Yaqut.

Meskipun tindakan Wahyu tak mencerminkan perilaku kelembagaan, namun politisi PKB itu khawatir perbuatan Wahyu bakal menjatuhkan kredibilitas, netralitas dan integritas penyelenggara Pemilu di masyarakat. “Saya khawatir kasus ini akan menjatuhkan kredibilitas penyelenggara pemilu di mata publik. Ujungnya akan menggiring pada ketidakpercayaan atas produk-produk pemilu,” jelasnya.

Demi menjaga hal tersebut, dia meminta penegak hukum mengusut siapapun yang terlibat dalam kasus tersebut. Sementara itu, anggota Komisi II Mardani Ali Sera mengecam sikap komisioner KPU yang mencederai kepercayaan publik. KPU sebagai penyelenggara pemilu menjadi poros utama dalam mewujudkan demokrasi substansial. “Karena itu, kesalahan teknis masih ditolerir. Tapi kesalahan integritas tidak dapat ditolerir. Tetap kita junjung asas praduga tak bersalah. Saya harap aparat bisa membongkar kasus ini hingga tuntas. Mesti diselidiki alur dan anatomi kasus ini,” ujar Mardani. (khf/fin/rh)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan