Cimahi Peroleh Paritrana Award 2019

CIMAHI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan memberikan penghargaan Paritrana Award 2019 kepada Kota Cimahi. Penghargaan diberikan karena Cimahi sebagai kota terbaik sebagai Pemerintah Daerah dan para pelaku usaha yang memiliki komitmen, serta dukungan terhadap pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Penganugerahan digelar secara daring di Jakarta, Rabu (12/8), dan diikuti oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, serta Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah.

Penganugrahan yang dilakukan secara virtual ini disaksikan langsung Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna di kediamannya Jalan Karya Bakti.

Alhamdulillah, penghargaan ini sebagi motivasi kita, dan bagaimana semangat pemerintahan dalam melindungi segenap masyrakatnya,” ujar Ajay ditemui usai acara.

Dikatanya, penghargaan ini merupakan yang ke tiga yang didapat Cimahi. Namun kali ini Cimahi menjadi terbaik untuk kategori kota.

”Ini membuktikan bahwa kami dari pemerintah cukup konsisten, fokus bagaimana kami seperti yang sering saya utaran bahwa pemerintah ini harus bisa dirasakan keberpihakannya, dirasakan kehadirannya di tengah masyrakat secara manfaatnya,” katanya.

Menurut Ajay, penghargaan ini diberikan kepada Kota Cimahi karena konsisten dalam melindungi masyrakatnya, terutama pekerja.

”Mungkin para panelis menilai karena kami konsisiten, bagaimana dengan inovasi-inovasi kami dengan lahirnya peraturan daerah Nomor 8 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan. Bagaimana kami melindungi masyarakat kami penerima upah dan bukan penerima upah dari waktu ke waktu semakin bertambah dan beberapa profesi yang kami lindungi, diantaranya guru PAUD, kader PKK, posyandu, dan marbot,” ujarnya.

Meski masih dalam pandemi Covid-19, kata Ajay, pihaknya akan menyiapkan anggaran sekitar Rp 4 miliar lebih untuk mengcover masyrakat bukan penerima upah di tahun 2021.

”Kami konsisten bagaimana melindungi masyrakat kami, terutama yang berprofesi bukan penerina upah, supaya mereka tenang dalam jaminan sosial, dan Mudah-mudahan bisa bermanfaat,” imbuhnya

Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Cimahi, Aang Supono mengatakan, pihaknya mengapresiasi adanya dukungan dari Pemkot Cimahi terhadap program-program yang diluncurkan BPJAMSOSTEK Cimahi.

Alhamdulillah ini berkat dukungan Pemkot Cimahi. Pemerintah mendukung penuh adanya program BPJS Ketenagakerjaan ini. Seluruh pekerja di Kota Cimahi, baik yang ada di perusahaan berskala besar, menengah, kecil, dan mikro sampai saat ini ada sekitar 150 ribuan yang sudah terdaftar,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan