Cimahi-KBB Sepakati Kerjasama Pengembangan Potensi Daerah

NGAMPRAH – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi melakukan penandatanganan naskah kesepakatan bersama dengan Kabupaten Bandung Barat, terkait Pengembangan Potensi Daerah dan Pelayanan Publik.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh kedua pimpinan daerah yaitu Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna dan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, di Kantor Bupati Bandung Barat, Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Rabu (12/2).

”Kerjasama ini sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018 tentang kerjasama daerah. Dimana kerjasama antardaerah yang berbatasan merupakan kerjasama wajib dalam hal penyelenggaraan urusan pemerintahan yang memiliki eksternalitas lintas daerah serta penyediaan layanan publik yang akan lebih efisien jika dikelola bersama,” kata Ajay usai penandatanganan kerjasama.

Ajay berharap kerjasama ini dapat terjalin dengan mengembangkan potensi daerahnya, yang memiliki keterbatasan sumber daya alam, karena itu Ajay ingin mengembangkan industri kreatif dan potensi pariwisata khususnya wisata militer dan heritage di Kota Cimahi.

”Kami juga berharap agar kerjasama dan koordinasi lebih dikembangkan lagi untuk memenuhi tuntutan masyarakat dalam pelayanan publik yang lebih baik,” tandas Ajay.

Di tempat yang sama, Bupati Bandung Barat,  Aa Umbara Sutisan menilai begitu banyak potensi yang dimiliki Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat yang jika dikembangkan secara bersama-sama dalam sebuah sinergitas program dan kegiatan akan meningkatkan perekonomian daerah dan kesepakatan masyarakat kedua daerah.

”Kami berharap melalui kerjasama ini dapat mengurangi kesenjangan antardaerah dalam penyediaan pelayanan publik, khususnya yang ada didaerah perbatasan, daerah terpencil dan tertinggal,” ungkap Aa.

Menurutnya, kerjasama ini dilaksanakan tentu menyesuaikan dengan program-program prioritas kedua daerah sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah, sehingga Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi mampu bersaing lebih baik dilingkup regional, nasional, dan internasional.

”Mudah-mudahan kedua daerah ini bisa bersaing baik dari segi pemerintahan, sosial, ekonomi dan kemasyarakatan lainnya dengan menuntaskan berbagai potensi yang dimiliki kedua daerah,” pungkasnya.(rls/ziz)

NOTA KESEPAHAMAN: Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna dan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna memerlihatkan nota kesepahaman yang sudah

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan