Cerita di Balik Rumah Panggung Si Kabayan yang Melegenda

Rumah panggung berbilik bambu itu, terlihat sederhana dengan dominasi cat berwarna putih. Halamannya juga luas, rumput hijau terhampar di depan pintu. Sehingga menambah kesan bahwa penghuni rumah merawat dengan baik.

Wisnu Pradhana, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Bangunannya sederhana, seperti rumah kampung di pedesaan pada umumnya. Akan tetapi rumah tersebut memiliki nilai historis bagi pemiliknya.

Bagi pemiliknya, Ida Widaningrum, 62, rumah yang didiaminya 42 tahun lamanya itu memiliki sejuta kenangan. Sebab, semasa hidupnya beberapa tokoh artis kenamaan pernah singgah di rumahnya.

Kabayan dan Nyi Iteung, Ambu dan Abah pernah tinggal di rumah yang beralamat di Kampung Sukahaji RT 02/RW 01, Desa Kayu Ambon, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat itu.

Rumah ini memiliki cerita ketika dijadikan syuting film Si Kabayan pada era 80 an silam.

Kabayan dalam ceritanya sendiri diperankan oleh almarhum Didi Petet sejak 1989 hingga 1994. Sementara sosok yang memerankan Nyi Iteung sempat berganti peran, diantaranya, almarhum Nike Ardilla, Paramitha Rusadi, serta Desy Ratnasari.

Mereka semua pernah menjejakkan kaki di rumah yang menjadi ciri khas kesederhanaan budaya sunda itu.

Untuk menuju rumah nan asri itu, tidak begitu sulit. Sebab, posisinya tepat berada di pinggir Jalan Raya Maribaya sebelum obyek wisata taman Bunga Begonia.

Bangunan berukuran 20×8 meter persegi ini, berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 1 hektare. Berdasarkan penuturan sang pemilik, rumah dibangun oleh kakeknya sekitar 1923. Sehingga berusia 100 tahun. Pemilik masih mempertahankan desain rumah seperti pertama kali dibangun.

Pada bagian dalam, suasana pedesaan sangat kental dengan ornament lantai kayu dan dinding bilik khas rumah sunda.

Selain itu, pada bagian dapur terdapat pawon (dapur) dengan ruangan luas yang berfungsi memasak sekaligus kumpul dengan anggota keluarga.

Perabotan dapur terlihat tertata dengan rapih, terlihat beberapa alat dapur sepertinya sudah digunakan lama. Sehingga, kesan jadul (jaman dulu) menciptakan suasana tempo dulu jika berlama-lama tinggal di rumah itu.

Di ruang tengah, Ida memajang foto-foto pemeran film kabayan. Foto dalam figura itu sebagai kenang-kenangan bagi anak cucuk.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan