Cek Kebiasaan Pedagang Pasar Tradisional di Masa Pandemi, Anggota DPR RI ini Malah Borong Sayuran

BANDUNG – Kunjungan ke daerah pemilihan (kundapil) pada akhir pekan lalu, Ledia Hanifa Amaliah, anggota DPR RI dari Fraksi PKS melakukan sidak ke dua pasar di Kota Bandung.

Tak hanya memantau kondisi aktivitas pasar di era new normal, Ledia juga memborong berkarung-karung sayuran.

“Beberapa komoditi sayuran harganya sedang jatuh, padahal yang beli juga tidak banyak sehingga para pedagang mengeluhkan pendapatan mereka sangat jauh berkurang. Maka sayur-sayuran itu kami borong untuk kemudian dibagikan kepada warga.” Jelas Ledia ketika dihubungi belum.lama ini.

Pasar pertama yang didatangi Ledia adalah Pasar Cibogo di Kecamatan Sukajadi. Aleg Komisi X ini memantau bagaimana situasi aktivitas perdagangan yang sudah mendapatkan ketentuan dari pemda untuk menerapkan protokol kesehatan dalam menjalani masa Adaptasi Kebiasaan Baru Covid-19 (New Normal).

Dalam beberapa dialog singkat dengan para pedagang Ledia mendapati kalau mereka secara umum sudah memahami pentingnya penerapan protokol kesehatan tersebut demi kebaikan bersama.

Mayoritas pedagang sudah memahami dan menjalani protokol kesehatan standar seperti memakai masker. Beberapa juga menambah dengan memakai face shield dan menyediakan hand sanitizer.

Di beberapa tempat juga nampak disediakan sarana cuci tangan. Hanya saja faktor kebiasaan baru itu harus terus diingatkan oleh para pengelola pasar dan sesama pedagang sendiri.

” Ancaman Covid-19 ini kan belum benar-benar sirna. Kalau ada yang lalai kan bisa menularkan pada yang lain, menyusahkan semua. Karenanya harus menjadi gerakan bersama untuk saling mengingatkan.” Kata Ledia lagi

Selain dengan para pedagang, Ledia juga mengadakan dialog dengan Ketua RW setempat yang sekaligus sebagai pembina KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) Tikujang (Ti urang, Ku urang, Jang kabehan) dan menerima berbagai curhatan dan masukan terkait penerapan kebiasaan baru di lingkungan Pasar Cibogo.

Dari Pasar Cibogo Ledia melanjutkan kunjungannya ke Pasar Induk Caringin di Babakan Ciparay dan melakukan dialog pula dengan para pedagang pasar.dan Ketua Kipas Pasar Induk Caringin, serta jajaran pengurus lain mengenai sejarah pasar Caringin.

Selain melakukan pengamatan dan dialog, Sekretaris Fraksi PKS ini lantas memborong berkarung-karung sayuran dari para pedagang pasar. Sayuran ini kemudian dibagikan ke masyarakat lewat DPD dan DPC PKS yang ada di Kota Bandung dan Kota Cimahi. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan