Cegah Bencana, Tanam 2.800 Pohon

NGAMPRAH– Untuk mencegah terjadi­nya bencana banjir bandang dan long­sor, jajaran Polres Cimahi melakukan penanaman pohon di Petak 29 Se­lagombang, Desa Mandalamukti, Kecamatan Cikalongwetan, Ka­mis (2/1).

Kapolres Cimahi, AKBP M. Yoris. Maulana Yusuf Mar­zuki menyebutkan, total menanam kali ini men­capai 2.800 batang pohon di atas lahan seluas 4,5 hektare, dengan jenis pohon seperti pinus, suren, kopi, mahoni, agatis, alpu­kat, dan nangka.

“Penghijauan lahan ini meru­pakan tindak lanjut intruksi langs­ung dari pak Kapolri. Penanaman pohon memberikan efek positif bagi manusia. Selain sebagai penahan air saat hujan, juga lang­kah awal menjaga keseimbangan alam,” kata Yoris di sela penana­man pohon, kemarin.

Menurut Yoris, penanaman pohon juga fungsinya untuk penghijauan dan diharapkan bisa mem­bantu mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir bandang dan longsor saat hujan turun.

Yoris menambahkan, gerakan tanam pohon tersebut bekerja sama dengan Perhutani KPH Bandung Utara. Kegiatan tersebut pun merupakan bentuk kepe­dulian Polres Cimahi seiring banyaknya lahan kritis.

“Alam perlu kita jaga agar tetap lestari. Ketika manusianya menjaga alam, Insya Allah alam pun akan menjaga manusia, yaitu dari bencana. Makanya, kami juga mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga alam ini, salah satunya dengan menanam pohon,” katanya.

Menurut Yoris, kepedulian terhadap lingkungan harus sama-sama dilaku­kan berbagai pihak. Sebab, menjaga dan melestarikan alam menjadi tang­gung jawab bersama, termasuk ang­gota kepolisian.

“Ini merupakan wujud kepedulian Pol­res Cimahi dalam menjaga kelestarian alam dan juga menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan. Semoga tetap di­jaga oleh masyarakat supaya manfaatnya bisa dirasakan bersama,” tandasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan