oleh

Calkades Tes Swab, Panitia Wajib Rapid Test

CIKARANG PUSAT – Ke­marin (1/12) di Bapelkes, Jababeka, Kecamatan Cika­rang Utara, ada 56 Calon Ke­pala Desa (Calkades) yang mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bekasi, jalani tes sweb.

Langkah ini diambil guna memastikan kondisi kes­ehatan para kandidat pe­mimpin desa tersebut bebas dari paparan Covid-19 seka­ligus menekan klaster baru.

Kepala Dinas Pemberday­aan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi Ida Farida mengatakan, semua calkades mengikuti tes sweb. Karena menurut dia, tes sweb menjadi ba­gian dari peraturan Pilkades di masa pamdemi virus ko­rona.

“Iya, hari ini (kemarin,red) semua calkades mengikuti tes sweb, untuk memasti­kan semuanya sehat. Dan mudah-mudahan hasilnya negatif,” kata Ida Kepala Cikarang Ekspres, Selasa (1/12).

Selain calkades, sambung dia, para ketua panitia Pilkades di 16 desa tersebut diwajibkan rapid test. “Jadi khusus para panitia Pilkades rapid test-nya menjelang empat hari sebelum pen­coblosan,” jelas Ida.

Ida berharap pelaksanaan tahapan lanjutan Pilkades serentak wajib dijalankan sesuai protokol kesehatan covid-19.

“Kita paling duluan dalam penyelenggaran Pilkades Serentak, wilayah lain ada yang mundur sampai tang­gal 19 dan seterusnya. Jadi semuanya baik panitia mau­pun peserta dan pemilih ha­rus sama-sama mensuskes­kan Pilkades ini,” tukas dia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.