BWF Ragu Selenggarakan Turnamen

JAKARTA – Menurut sumber yang dikutip dari surat kabar Malaysia The Star, BWF tidak akan menggelar kualifikasi baru untuk Olimpiade Tokyo 2020, namun akan melanjutkan kualifikasi yang sudah ada.

Sebelumnya BWF menghentikan semua turnamen setelah perhelatan All England pada Maret lalu karena pandemi Covid-19.

Setelah keputusan tersebut, BWF tidak dapat menyelesaikan enam minggu terakhir dari periode kualifikasi mereka. Padahal, kualifikasi Olimpiade 2020 harusnya berakhir pada 30 April.

Semua turnamen pada saat itu adalah German Open, Swiss Open, Malaysia Open, India Open, Singapura Open, dan lainnya. Ajang-ajang itu adalah yang batal atau hanya ditunda.

“BWF telah mengadakan pertemuan dengan para dewan via online, dan hasilnya mereka memutuskan untuk melanjutkan kualifikasi,” ucap seorang sumber kepada The Star.

“Namun, BWF hanya akan melanjutkan kualifikasi dengan turnamen yang terpengaruh dalam beberapa pekan terakhir. Ini dianggap adil karena banyak atlet telah bekerja keras untuk memenuhi syarat sejak tahun lalu,” imbuh sang sumber.

Sumber tersebut juga menambahkan bahwa dalam waktu dekat, BWF akan membuat pengumuman resmi dan merilis kalender baru bulu tangkis.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal BWF Thomas Lund mengungkapkan bahwa bulu tangkis akan kembali beraksi secepat mungkin segera setelah pandemi virus korona berakhir.

Namun, Lund menambahkan bahwa larangan bepergian secara internasional telah memperumit gambaran bagaimana kompetisi bisa bergulir lagi.

Dikutip dari AFP, Lund menyatakan bahwa kalender baru turnamen untuk 2020 akan segera hadir. Namun demikian dia khawatir situasi masih tidak pasti. “Kami tengah masuk persneling untuk siap memulai kompetisi sesegera mungkin. Ini termasuk memformulasikan sebuah kalender turnamen BWF yang sudah direvisi selama 2020. Sebuah pengumuman mengenai hal ini segera disampaikan,” katanya.

“Tetapi untuk saat ini, adalah sulit memprediksi kapan pembatasan keluar masuk internasional dicabut oleh masing-masing negara dan wilayah demi menjamin para pemain, para pendamping, ofisial dan staf bisa berpartisipasi dalam turnamen secara aman,” tambahnya.

BWF sendiri sudah menggeser jadwal Piala Thomas dan Uber 2020. Kompetisi beregu putra dan putri itu tadinya dijadwalkan Mei dan kemudian dimundurkan ke Agustus. Dan akhirnya diadakan pada Oktober di Aarhus, Denmark.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan