Buntut Perpanjangan Masa PSBB, Robert Tunda Latihan Normal

BANDUNG-Pelatih Robert Rene Alberts tetap berharap latihan tim bisa digelar Juni setelah ada keputusan Exco PSSI maupun PSBB di Bandung.

Robert memutuskan untuk menunda latihan tim secara normal, mengingat pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Kembang diperpanjang hingga 12 Juni.

Penggawa Persib awalnya diagendakan menjalani latihan sejak awal Juni sebagai persiapan menghadapi lanjutan Liga 1 2020 berdasarkan surat keputusan PSSI sebelumnya saat menentukan force majeure.

Namun hingga akhir Mei belum ada keputusan PSSI mengenai kelanjutan kompetisi, karena induk organisasi sepakbola nasional itu baru sekadar meminta masukan dari klub mengenai teknis ideal dalam mempersiapkan tim atau menjalani pertandingan.

“Informasi yang saya dapat adalah akan ada rapat Exco (komite eksekutif) pada 13 Juni, dan kami berharap mendapatkan jawaban yang pasti soal kelanjutan kompetisi,” ujar Robert Alberts, dilansir dari goal.com.

“Di saat bersamaan, PSBB di Bandung diperpanjang hingga 12 Juni. Artinya kami belum bisa menjalani latihan bersama. Kami menunggu keputusan setelah 12 dan 13 Juni sebelum mengambil langkah. Kami tetap berharap bisa memulai latihan lagi pada Juni,” imbuhnya.

Robert tetap menyimpan keyakinan Liga 1 dapat dilanjutkan kembali. Ia mengambil referensi sejumlah penelitian terkait penyebaran virus Korona di luar ruangan.

“Riset terakhir yang dilakukan para ilmuwan menyebutkan, virus ini tidak aktif menular ketika beraktivitas di luar ruangan. Penularan lebih sering terjadi di dalam ruangan,” tutur juru taktik asal Belanda ini.

“Jadi kami tetap berharap bisa memulai latihan pada Juni, dan Juli sudah menjalani pramusim sebelum akhirnya memulai kompetisi. Tentu saja stadion tetap harus tanpa penonton. Ini sangat penting, kita harus mengikuti anjuran yang dikeluarkan menteri kesehatan,” pungkasnya. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan