Bully Motivasi

Tamu DI’s Way kali ini beda. Dia masih remaja. Cantik, cerdas, dengan tinggi badan 183 cm. Saya harus agak mendongak ketika menyapa kedatangannyi di Harian DI’s Way News House, Selasa lalu (28/7).

Namanya: Christy Lorentz. Christy baru saja lulus dari SMA swasta terkemuka di Surabaya.

Christy sebenarnya langsung  diterima di Toronto University, Kanada. Tapi Covid-19 membuatnyi tidak bisa segera berangkat ke sana. “Masih belum tahu kapan,” ujar Christy.

Yang menarik dari Christy adalah prestasi belajarnya. Terlebih bagaimana untuk meraih prestasi itu. Lewat percaya dirinyi yang tinggi. Hampir saja Christy jadi korban bully. Hampir saja bully itu menghancurkan impiannyi. Tapi, akhirnya, Christy mampu mengatasi gejolak di dalam dadanyi. Dia bangkit. Dia justru termotivasi oleh bully itu. Dan dia memperoleh nilai sempurna.

Itulah capaian nilai Christy saat dia lulus SMA barusan. Yang memberi nilai itu IB (International Baccalaureate). Sekolah Christy memang ikut  sistem pendidikan yang berpusat di Geneva, Swiss, itu.

Di Indonesia terdapat 52 SMA yang ikut program IB – -empat di antaranya di Surabaya: Cita Hati, Surabaya Intercultural School, Gandhi Memorial, dan Ciputra. Anggota IB di Indonesia memang tidak sebanyak yang ikut program Cambridge.

Sistem IB lebih ke pemahaman konsep. Sedang sistem Cambridge mirip sistem di Indonesia: lebih ke pemahaman pengetahuan. Christy sangat tertarik pada sistem IB. Yang disimpulkan dalam satu kredo ini: How we know what we know.

Tidak mudah bagi Christy untuk mendapat nilai sempurna itu. Banyak air mata untuk sampai di sana. Bahkan memerlukan keberanian ekstra. Misalnya ketika awalnya Christy ‘hanya’ mendapat nilai 44. Sebenarnya itu sudah sangat bagus. Nilai maksimal adalah 45. Dua sudah begitu mepet dengan yang sempurna itu. Sudah banyak yang memuji Christy. Pun orang tua Christy.

Mendapat nilai begitu baik siswa pada umumnya tentu sudah puas. Tapi Christy merasa ada yang salah. Christy merasa seharusnya bisa mendapat nilai penuh. Dia tahu IB bukan lembaga yang tertutup. IB sendiri sudah mengumumkan: terbuka untuk disanggah. Hanya saja ada syaratnya. Penyanggah harus punya bukti yang kuat. IB akan menilai ulang secara objektif.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan