Bukan Rumah Sakit Rujukan, RSUD Cililin Tangani Pasien Positif Corona

CILILIN – Seorang wanita lanjut usia warga Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, yang terkonfirmasi Positif Corona Virus, dirawat di RSUD Cililin, KBB.

Pasien tersebut merupakan pasien ke-4 asal KBB yang terkonfirmasi positif, dan masuk bagian dari klaster seminar keagamaan di Hotel Lembang Asri, yang digelar pada 3 sampai 5 Maret lalu.

Kepala Dinas Kesehatan KBB, Hernawan Widjajanto, mengatakan, meski RSUD Cililin bukan rumah sakit rujukan, tetapi pihaknya memastikan penanganan untuk pasien positif Corona Virus tetap maksimal.

“Rumah sakit rujukan penuh, jadi mau tak mau kita harus tangani. Pasien dirawat di ruang isolasi, tapi bisa dipastikan akan aman untuk pasien lain,” ujar Hernawan saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (31/3/2020).

Ia mengatakan, ruang isolasi di RSUD Cililin sebetulnya memang belum memenuhi standar untuk menangani pasien positif Corona Virus. Namun dalam waktu dekat ini rumah sakit tersebut kualitasnya akan ditingkatkan.

Kendati demikian, pihaknya memastikan ruang isolasi itu akan aman untuk pasien yang lain karena jalur dan ruangannya dipisahkan dengan ruangan pasien umum.

“Jadi kita merawat pasien itu sambil kita kejar-kejaran untuk membuat standar ruang isolasinya, saat ini sedang proses. Kita akan pantau terus dan memastikan protap para petugas medis di rumah sakit maksimal. Kita juga harus meyakinkan ke masyarakat tetap aman,” bebernya.

Awalnya, pasien tersebut akan rujuk ke rumah sakit rujukan, namun rumah sakit rujukan saat ini sudah penuh, hingga akhirnya pasien itu dirawat dulu di RSUD Cililin.

Menurutnya, pasien yang dinyatakan positif ini kemungkinan terpapar dari anaknya yang mengikuti kegiatan keagamaan di Hotel Lembang Asri yang digelar pada 3 sampai 5 Maret lalu.

“Dari laporan yang kami terima, dilihat dari hasil rontgen, kondisi paru-paru pasien sudah kronis dan paru-parunya sudah terinfeksi berat. Untuk kabar terbarunya, saya belum mendapat laporan lagi,” katanya. (mg6/yan)

Tinggalkan Balasan