BPBD KBB Minta Warga Waspadai Potensi Bencana Alam

NGAMPRAH – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan menjelang musim hujan.

Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo mengatakan musim kemarau saat ini berjalan normal dan segera berakhir. Kemungkinan besar bulan Oktober sudah memasuki musim hujan.

“Untuk musim kemarau saat ini diperkirakan sudah selesai dan berjalan normal berbeda dengan tahun lalu,” kata Duddy saat dihubungi, Jumat (2/10).

Ia menambahkan, sebagian wilayah Kabupaten Bandung Barat berpotensi terjadi bencana tanah longsor. Selain itu, ada juga potensi hujan disertai angin kencang.

“Seperti Kecamatan Parongpong, Cisarua dan Lembang. Sementara itu, di wilayah selatan biasanya di Kecamatan Gununghalu, Rongga, Sindangkerta, dan Cihampelas,” katanya.

Duddy menyebut, berdasarkan informasi dari Badan Metereologi Klimatologi Geofisika (BMKG) puncak musim hujan akan berlangsung hingga bulan Februari 2021 mendatang.

“Saat ini kita tentunya melakukan mitigasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait kewaspadaan bencana,” katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan menjelang musim hujan ini. Pasalnya, berkaca pada tahun lalu banjir bandang pun sempat menerjang Kabupaten Bandung Barat.

“Pada akhir tahun lalu wilayah kita pun sempat diterjang banjir bandang di wilayah Kecamatan Ngamprah dan Padalarang,” katanya.

Duddy pun berpesan, agar masyarakat untuk berperan aktif mencegah terjadinya bencana banjir dengan selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarang.

“Mari kita menjaga lingkungan kita dari sampah, jangan sampai saluran air tersendat dan menyempit akibat sampah yang dibuang sembarangan,” pungkasnya. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan