Berpotensi Puting Beliung

NGAMPRAH – Memasuki masa pancaroba, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat mengingatkan potensi puting beliung.

Menurut Darlog BPBD KBB, Ceceng Rukandi, puting beliung di wilayah KBB biasanya terjadi di wilayah Desa Tenjolaut, Desa Puteran, Desa Padalarang, dan wilayah lainnya.

[ihc-hide-content ihc_mb_type=”show” ihc_mb_who=”3,4″ ihc_mb_template=”1″ ]

”Setiap tahun terjadi angin puting beliung di beberapa desa di KBB, terutama pada masa pancaroba. Biasanya di wilayah Cikalongwetan dan Padalarang,” kata Ceceng saat dihubungi, Rabu (8/7).

Puting beliung, kata Ceceng, terakhir terjadi pada Jumat pekan lalu di RW9, Kampung Wadon, Desa Tanjunglaut, Kecamatan Cikalongwetan, KBB sekitar pukul 16.00 WIB.

”Terakhir itu terjadi Jumat pekan kemarin, di Tenjolaut. Memang sudah rutin terjadi tiap tahun. Alhamdulillah tidak ada korban, hanya beberapa rumah saja yang rusak,” tuturnya.

Ceceng menjelaskan, puting beliung sendiri merupakan angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian 5 hingga 10 menit.

Oleh karena itu, Ceceng mengimbau kepada warga sekitar untuk tetap waspada menghadapi potensi puting beliung lantaran peristiwa alam itu tak bisa diprediksi kejadiannya.

”Kita minta warga untuk tetap waspada di musim pancaroba ini, karena ini juga baru awal dan potensi puting beliung masih ada,” pungkasnya.(mg6/rus)

[/ihc-hide-content]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan