Beri Banyak Kontribusi Penanganan TBC di Jabar

CIMAHI – Pemerintah In­donesia menargetkan Elimi­nasi TBC 2030 menuju Indo­nesia Bebas TBC pada 2050 mendatang. Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO) saat ini Indonesia menempati urutan ketiga se­telah India dan Cina untuk jumlah penderita Tuberculo­sis (TBC) terbanyak.

Penyakit yang penularannya disebabkan infeksi bakteri Mycobacterium tuberculo­sis (M.tb) ini merupakan penyakit paling mematikan di Indonesia. Saat ini di In­donesia tercatat sedikitnya 842 ribu orang menderita TBC. 23 ribu orang diantaranya TBC Resisten Obat (RO).

Pencegahan dan pengen­dalian TBC membutuhkan perhatian akan determinan sosial, ekonomi, dan politis epidemi ini yang membutu­hkan komitmen politis ter­tinggi dan kepemilikan yang kuat oleh masyarakat. Oleh karena itu, Kementerian Kese­hatan Republik Indonesia bersama Stop TB Partnership Indonesia (STPI) dan para pemangku kepentingan pro­gram TBC lainnya menggelar “Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030” yang digelar di Cimahi Techno Park Jalan Baros Kota Cimahi, Rabu 29 Januari 2020.

Kegiatan rencananya diha­diri langsung Presiden RI Joko Widodo dan Ketua Dewan Pembina Stop TB Partnership Indonesia Arifin Panigoro akan didampingi 20 menteri, serta dihadiri oleh 34 gubernur, dan 120 bupati/walikota se-Indo­nesia.

Kegiatan sendiri bertujuan mendorong penetapan TBC sebagai prioritas pembangu­nan kesehatan nasional, har­monisasi kegiatan dan pen­guatan komitmen pemerintah daerah dan sumber daya pemangku kepentingan dalam mencapai Eliminasi TBC 2030. Serta mengajak seluruh lapi­san masyarakat proaktif dalam upaya untuk mengakhiri TBC di daerahnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, drg. Pratiwi mengungkapkan, terpilihnya Kota Cimahi sebagai penyelenggara ke­giatan karena kota yang mempunyai luas 42 Kilo­meter Persegi tersebut di­nilai memberi kontribusi signifikan dalam penanga­nan TBC di wilayah Jawa Barat. Terutama atas ting­ginya peran serta masyata­kat yang konsisten menja­lankan perannya bermitra dengan Pemkot Cimahi.

”Hal itu menjadi kebang­gaan bagi Kota Cimahi dan kami siap menyelenggarakan kegiatan untuk mendukung Eliminasi TB Indonesia 2030 mendatang,” kata Pratiwi di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Har­djakusuma, Selasa (28/1).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan