Belasan Tahun Hidup di Rutilahu, Tak Jarang Makan Tanpa Nasi

CIMANGGUNG – Di tengah himpitan ekonomi dan pan­demi Covid-19, Siti Julaeha atau yang akrab disapa ma Eha harus rela hidup di rumah tidak layak huni (Rutilahu). Dia tinggal di Dusun Lebak Gede Desa Sindanggalih Ke­camatan Cimanggung.

Istri dari Oleh itu hanya hidup berdua dengan meng­andalkan buruh tani dan penjual kicimpring. Jangan­kan membangun rumah, untuk makan sehari-hari pun Eha kelimpungan mencari nasi.

Bahkan, tak jarang Eha ma­kan nasi oyek (olahan dari singkong yang dikeringkan) dan kadang singkong rebus.

Eha mengaku sudah bosan hidup di rumah beralasakan anyaman bambu namun mau gimana lagi. ”Ya Kahayang mah tinggal di bumi anu sae, ditembok, aya WC an dijero bumi. (Maunya tinggal di ru­mah bagus, ditembok, ada WC di dalam rumah),” kata­nya.

Eha mengaku kesulitan di saat akan mandi dan MCK. Sebab kamar mandinya be­rada di belakang rumahnya yang kadang bergantian dengan orang lain. Tak ada­nya MCK komunal dan sep­titank menyebabkan suasa­na di perkampungan itu kumuh.

”Di sini mah jarang warga punya WC sendiri, ya pake toilet umum. Airnya juga di­timba gak pake mesin pompa,” kata Eha.

Selain Eha, ada belasan rumah tidak layak huni lagi di Desa Sindanggalih Keca­matan Cimanggung. Daerah yang perbukitan dan jauh dari perkotaan seakan dip­andang sebelah mata oleh pemerintah Kabupaten Su­medang.

Sekdes Sindanggalih Jajat Sudrajat membenarkan jika di desanya masih banyak ru­tilahu yang belum tergarap oleh bantuan manapun. Saat ini, pihak desa sedang be­kerja keras untuk mengako­modir rehab rutilahu dari berbagai post bantuan pe­merintah baik pusat maupun daerah.

”Kita sedang usahakan itu secara bertahap. Ada seba­gian yang sudah direhab, kebanyakan memang belum. Kan dana desa khusus untuk infrastruktur diprioritaskan,” katanya.

Bupati Sumedang, H Dony Ahmad Munir pada Jumat (14/10) melakukan tinjauan ke beberapa rutilahu di Desa Sindanggalih. Selain menge­cek rutilahu, Bupati juga mengecek pelayanan kepen­dudukan secara mobile dan menjadi khotib di Ponpes Hidayatul Falah Dusun Ci­bulakan Desa Sindanggalih Kecamatan Cimanggung. (imn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan