Bansos Tahap Tiga Jalan di Tempat

Berdasarkan informasi yang didapatkan, penyaluran bansos provinsi tahap tiga ini tidak akan melibatkan bulog. Sebab, ada beberapa hal yang dipertimbangkan oleh pihak provinsi.

Dia menyebutkan penyaluran bansos provinsi tahap tiga tidak akan melibatkan bulog. Sehingga akan diserahkan ke pihak BUMD untuk pengadaan barangnya.

“Ada beberapa hal terjadi ketika kami turun ke lapangan dan berdiskusi langsung baik pihak bulog, PT Pos maupun masyarakat penerima bantuan,” paparnya.

“Bulog ini menjadi salah satu titik lemah di dalam pemasok bansos ini. Karena dia ternyata bukan bagian dari rantai pasok sosial keseluruhan pemerintah. Baik provinsi maupun pusat. Sehingga Barang-barangnya tidak berasal dari bulog, jadi hanya pengadaan saja” imbuhnya.

Dia menyebutkan, dari segi penampungannya tidak bisa menampung banyak. Sebab, dari sisi gudangnya sedikit. “Gudang-gudangnya sangat sedikit. Jadi tidak efisien gudang-gudang bulog ini. Sampai berapa titik droping dan itu sangat menyedot biasa distribusi,” katanya.

Lebih jauh dia menjelaskan, banyak terjadi kekurangan dalam pemaketan paket bansos tersebut. Sebab, bulog pemaketannya hanya memakai manual saja.

“Banyak ditemukan isi barang dipaket bulog ini tidak sesuai dengan item yang distandarkan. Jadi banyak barang yang kurang berapa item,” jelasnya

“Dan ketika kita lihat prosesnya memang bulog sangat manual, tidak ada sistem otomatisnya misalnya. Sehingga mengakibatkan humanerror yang sangat besar,” tambahnya

Kedua, lanjutnya, bulog tidak mempunyai sistem distribusi untuk menyuplai ke titik-titik PT Pos. Sehingga menjadi kelemahan menyebabkan tidak singkronnya penjadwalan yang dilakukan PT pos dari suplai barang dari bulog.

“Ketiga sangat tidak efisien karena ketika bulog hanya mendatangkan pendor, ya lebih baik kita langsung ke pendor tanpa melibatkan bulog. Sehingga tidak ada biaya yang hilang lebih banyak lagi,” tandasnya. (mg1/drx)

 

JUDUL SAMBUNGAN:

 

Distribusi Bantuan Tak Libatkan Bulog

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan