Bank bjb Perkenalkan QRIS agar Berikan Kemudahan Bertransaksi Digital

BANDUNG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat menggelar sosialisasi pengenalan Pekan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) 2020 di Kantor Pusat Bank Jawa Barat dan Banten (bank bjb).

Sosialisasi QRIS merupakan bagian dari pekan QRIS nasional secara serentak di seluruh Indonesia dan berlangsung pada 15 Maret nanti di Dago-Cikapayang, Kota Bandung.

”Sosialisasi ini dilakukan guna mendorong upaya penetrasi penerapan teknologi transaksi QRIS yang dimiliki bank bjb kepada karyawan serta nasabah,’’kata  Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat Pribadi Santoso di Kantor bank bjb, Bandung, Kamis (12/3).

Dia mengatakan, QRIS juga diikuti oleh UMKM dan partisipasi untuk seluruh per-bank-an di Jabar. Sebab, QRIS ini sebetulnya untuk memudahkan masyarakat dalam sistem pembayaran melalui Money Elektronik. Sehingga masyarakat tidak harus menggunakan uang cas untuk bertransaksi.

”Keuntungannya antara lain aman. Jadi biasanya kalau melakukan transaksi melalui uang cash sangat rawan karena bisa juga dipalsu bisa disobek dan lain-lain. Tapi kalau dengan Elektronik Monay QRIS ini lebih aman, praktis dan mudah,” jelasnya.

Tidak hanya itu, kata dia, saat memakai QRIS ini setiap bank akan mencatat semua transaksinya secara otomatis. Sehingga bank akan tahu nasabahnya dengan lebih baik, seperti credit profile-nya.

”Nah kalau credit profile-nya bank akan lebih mudah untuk memberikan pembiayaan. Sebab, yakin yang dibiayai ini mempunyai usaha yang memang baik dan layak,” katanya.

Di tempat sama, Direktur Information Teknologi, Treasury, dan International Banking bank bjb Rio Lanasier menyebutkan, pemahaman yang memadai tentang teknologi QRIS ini penting. Agar pemahaman tentang kelebihan teknologi alat bayar teranyar tersebut dapat terbentuk.

Sehingga, pengguna bisa mengetahui tata cara penggunaan QRIS. Serta memanfaatkannya untuk keperluan transaksi sehari-hari.

”Penerapan teknologi QRIS sebagai salah satu medium transaksi merupakan sebuah keniscayaan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin menuntut kemudahan,” sebut Rio.

Dikatakan Rio, sebagai alat transaksi yang terintegrasi secara nasional, QRIS menawarkan pengalaman bertransaksi dengan jaminan keamanan dan kenyamanan kepada setiap pengguna.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan