Bandung Berstatus Zona Biru, Dua Kecamatan Ini Diklaim Bebas Covid-19

BANDUNG – Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung guna menekan angka kasus Covid-19. Mulai dari penerapan PSBB hingga AKB.

Sehingga membuahkan hasil, dua kecamatan tercatat 0 positif Covid-19 pada 5 Juli 2020.

Dua kecamatan tersebut yakni Kecamatan Ujungberung dan Rancasari. Berdasarkan data yang diperoleh dari laman Pusat Informasi Covid-19 (Pusicov) Kota Bandung, sehari sebelumnya (4/7) terdapat sembilan pasien positif di Kecamatan Ujungberung dan enam pasien di Kecamatan Rancasari.

Namun pada Minggu (5/7), semua pasien tersebut dinyatakan sembuh. Tak hanya itu, kesembuhan ini tanpa disertai kasus kematian.

Setelah dinyatakan tidak ada kasus positif Covid-19, saat ini hanya ada ODP dan PDP di dua kecamatan tersebut. Tercatat ada tiga ODP dan 16 PDP di Kecamatan Ujungberung. Sementara di Rancasari ada 10 ODP dan 12 PDP.

Sebagaimana diketahui, saat ini Kota Bandung berada di zona biru Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Ketua Gugus Harian Percepatan dan Penanganan Covid-19, Ema Sumarna.

“Berita baik Bandung naik kelas dari zona kuning ke zona biru dari level kewaspadaan kuning ke level kewaspadaan biru,” ujarnya pada saat melakukan peninjauan tempat hiburan di Braga, Jumat (3/7).

Kendati demikian, Ema tetap menekankan aspek kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19 pada saat AKB. Pasalnya, Ema tak ingin apabila nanti setelah berstatus zona biru, malah mengembalikan ke zona kuning karena masyarakatnya bereuforia.

“Jangan sampai kejadian ini ada delapan kabupaten kota dari biru ke kuning. itu persoalan karena ketidakdisiplinan,” tegasnya.

Berdasarkan  hasil penyelidikan epidemiologi yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Bandung dan Puskesmas di wilayah Kota Bandung yang tertera dalam laman Pusicov, sejauh ini masih terdapat sedikitnya 99 kasus aktif.

Sementara itu, dari total 405 kasus positif Covid-19 kumulatif, terdapat 41 kasus kematian akibat Covid-19 di Kota Bandung. (mg7/yan)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan