Bakal Berlakukan Regulasi U-21 Liga 1

BANDUNG-Lanjutan kompetisi Liga 1 dijadwalkan bergulir selama empat bulan mulai 1 Oktober 2020 sampai dengan 28 Februari 2021. Hal itu ditegaskan dalam virtual meeting antara PT Liga Indonesia Baru (LIB) bersama perwakilan 18 klub Liga 1 pada Jumat (17/7) lalu.

Menariknya adalah regulasi pemain muda akan diberlakukan. Yakni setiap klub harus diperkuat pemain U-21 minimum. Namun mengenai aturan khusus tentang pemain muda ini belum dikukuhkan secara pasti.

Aturan pemain muda ini mengingat perlunya PSSI membentuk skuad Timnas Indonesia U-20 yang akan menjajal dua event besar. Pertama adalah Piala AFC U-19 Uzbekistan 2020, juga paling prestisius event Piala Dunia U-20 Indonesia 2021.

Wabah Covid-19 yang memberhentikan segala aktivitas membuat PSSI harus mempunyai cara atau formula melakukan percepatan membentuk Timnas Indonesia selain TC di bawah arahan pelatih Shin Tae-yong.

Sebelumnya, pada era kepelatihan Luis Milla, PSSI meregulasi pemain U-23 ke dalam kompetisi Liga 1 2017. Hal itu dilakukan demi memabantu persiapan timnas di ajang SEA Games 2017 Malaysia. Setiap klub wajib memainkan tiga pemain tersebut menjadi starter minimal 45 menit.

Robert Alberts sempat mengomentari mengenai aturan-aturan tersebut. “Beberapa tahun lalu ada regulasi yang mewajibkan setiap tim menurunkan pemain U-23. Dan semuanya tahu bahwa peraturan itu tidak bekerja dengan baik karena kami tidak bisa memaksakan pemain yang belum siap untuk tampil. Jika pemain sudah cukup siap, maka otomatis dia akan bermain,” kata Robert, dilansir dari simamaung.com. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan